comscore

7 Keuntungan Berinvestasi di Reksa Dana Syariah

Angga Bratadharma - 01 November 2021 07:45 WIB
7 Keuntungan Berinvestasi di Reksa Dana Syariah
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Jakarta: Pandemi covid-19 mendorong perubahan perilaku masyarakat termasuk dalam aspek berinvestasi. Pada konteks ini, investasi di reksa dana syariah bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang tak melulu mencari keuntungan semata tapi juga menggapai keberkahan.

"Ada keuntungan reksa dana syariah bagi investor," sebut Kepala Unit Usaha Syariah Bank OCBC NISP Mahendra Koesumawardhana, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 1 November 2021.

 



Keuntungan tersebut yaitu:

1. Dijamin halal sampai akhir

Keuntungan reksa dana syariah yang pertama adalah adanya jaminan halal secara total sampai transaksi berakhir. Apabila manajer investasi terpaksa melakukan transaksi non-syariah, akan ada proses cleansing. Cleansing adalah proses pembersihan dana investasi melalui kegiatan amal. Pelaksanaan kegiatan ini wajib diketahui oleh manajer investasi dan pemilik modal, tanpa ada pembatasan informasi.

2. Diawasi dua lembaga sekaligus

Keuntungan reksa dana syariah berikutnya adalah keamanannya dijamin dua lembaga sekaligus, yaitu OJK dan DPS. OJK bertugas menjamin keamanan investasi dari fraud, sedangkan DPS bertugas menjamin kehalalan investasi.

3. Adanya kesetaraan hak antara pemilik modal dan manajer investasi

Reksa dana jenis syariah menggunakan prinsip kolektivisme dalam pembagian untung/rugi. Saat untung, pemilik modal dan manajer investasi akan mendapat persentase keuntungan sesuai kerelaan satu sama lain.

Sama halnya saat terjadi kerugian, pemilik modal dan manajer investasi sama-sama bertanggung jawab atas kerugian tersebut. Manajer investasi wajib berusaha mengelola instrumen investasi agar kembali untung, dan pemilik modal wajib sabar menunggunya.

4. Ada banyak pilihan produk reksa dana syariah

Jenis reksa dana konvensional ada empat, yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan reksa dana campuran. Sementara itu, reksa dana versi syariah punya jenis yang jauh lebih banyak. Seperti contohnya jenis-jenis reksa dana syariah adalah reksa dana campuran dan reksa dana saham.

5. Punya prospek market cap yang bagus

Market cap (market capitalization) adalah potensi efek dalam meningkatkan nilai jual (capital) dan mengembalikan hasil investasi. Dikarenakan banyaknya jenis instrumen reksa dana syariah, manajer investasi lebih leluasa menaruh dana investasi ke mana saja, baik yang jangkanya pendek atau panjang.  Akibatnya, peluang pengembalian hasil investasi reksa dana jenis syariah ini jauh lebih besar.

6. Kinerja reksa dana lebih stabil

Selain memengaruhi market cap, ragam instrumen reksa dana versi syariah juga berakibat baik pada kinerjanya di bursa efek. reksa dana syariah terbukti punya nilai pertumbuhan dan laba lebih stabil. Membuatnya sesuai dengan investor berprofil moderat.

7. Menerima investor dari agama apapun

Meski namanya syariah, reksa dana satu ini menerima investor tanpa pilih-pilih. Siapapun yang tertarik dengan sistem reksa dana satu ini dapat menjadi investor. Sistem dan hukum reksa dana syariah barangkali tidak biasa, akan tetapi nilai dan benefitnya dapat berlaku secara universal.
 

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id