IHSG Sedang Diskon, Saatnya Investasi Jangka Panjang

    Annisa ayu artanti - 05 Maret 2020 18:44 WIB
    IHSG Sedang Diskon, Saatnya Investasi Jangka Panjang
    Ilustrasi. Foto: dok MI.
    Jakarta: Kondisi merebaknya penyebaran virus korona dan gejolak ekonomi global yang menyebabkan terkoreksinya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) beberapa hari lalu bisa dimanfaatkan investor untuk memupuk cuan.

    Direktur Utama PT Mandiri Manajemen Investasi Alvin Pattisahusiwa mengatakan saat ini adalah waktu yang tepat bagi investor untuk melakukan akumulasi pembelian. Khususnya, untuk investor yang memiliki horizon investasi jangka panjang.

    "Kita sarankan, mumpung IHSG lagi dalam posisi diskon, justru saatnya untuk bisa masuk dan investasi untuk mereka yang mempunyai horizon investasi jangka panjang," kata Alvin dalam konferensi pers di Ballroom Ritz Carlton, Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020.

    Direktur Mandiri Investasi Endang Astharanti mengatakan saat ini investor sudah bisa mulai mengoleksi saham-saham yang berpotensi selagi harga saham tersebut masih murah.

    "Kalau nasabahnya punya view jangka panjang, justru malah saat ini adalah saat yang baik untuk bisa collect lagi diharga yang murah, di harga yang bawah," ucapnya.

    Dia juga menambahkan saat ini valuasi indeks di Indonesia juga cenderung lebih rendah dari pada negara lain, sehingga membuka kemungkinan untuk rebound. Hal itu juga bisa menjadi pertimbangan untuk melakukan investasi.

    Adapun sektor-sektor yang bisa menjadi pilihan investor saat ini adalah konsumer dan perbankan-perbankan besar. Sedangkan sektor yang dihindari adalah properti, industri dasar, dan pertambangan.

    "Untuk sektoral, kami overweight di consumer dan big banks. Underweight di property, basic industry, mining," tukasnya.

     

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id