TaniFund Salurkan Pendanaan Rp132 Miliar

    Annisa ayu artanti - 20 Mei 2020 18:47 WIB
    TaniFund Salurkan Pendanaan Rp132 Miliar
    Ilustrasi fintech Tanifund - - Foto: Medcom
    Jakarta: Perusahaan teknologi fiansial pembiayaan (fintech lending) TaniFund menyalurkan pendanaan sebesar USD9 juta atau setara Rp132,43 miliar (kurs: 14.715 per USD) kepada petani Tanah Air sejak 2017.

    "Total penyaluran dana hingga saat ini sudah sampai USD9 juta," kata Direktur TaniFund Edison di Jakarta, Rabu, 20 Mei 2020.

    Ia menjelaskan pendanaan tersebut diperoleh dari pemberi pinjaman (lender) yang mencapai 2.300 investor. Sebagian besar merupakan investor publik dan lima persennya merupakan investor institusi seperti perbankan dan korporasi. Dana tersebut disalurkan kepada petani-petani buah dan sayur yang berada di Pulau Jawa.

    Edison menambahkan berinvestasi di platform ini bukan hanya memberikan dampak kepada kantong pribadi tetapi juga bisa membantu petani untuk memperoleh pendanaan. Apalagi petani kerap kali mengeluh soal kesulitan pendanaan padahal petani merupakan ujung tombak negeri. Disaat pandemi virus korona, hanya sektor pertanian yang tidak terganggu oleh wabah ini.

    "Dengan menyalurkan pembiayaan pada program ini anda telah berkontribusi besar dalam membantu kaum marginal Indonesia atau para pentani dan nelayan," ucapnya.

    TaniFund, lanjutnya juga telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Otoritas tersebut sangat mendukung model investasi dan pemberian pinjaman seperti ini.

    Bahkan, OJK meminta TaniFund untuk memperluas cakupan petani yang mendapatkan pinjaman. Saat ini petani yang memperoleh pinjaman hanya terpusat di pulau Jawa seperti Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

    "Kami diminta, kita mulai Nusa Tenggara Barat untuk petani jagung dan Sulawesi untuk petani buah-buahan," ucapnya.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id