Pengemudi Ojek Online Sambut Kelonggaran Cicilan Kredit Motor

    Ilham wibowo - 26 Maret 2020 14:28 WIB
    Pengemudi Ojek <i>Online</i> Sambut Kelonggaran Cicilan Kredit Motor
    Ilustrasi. Foto: dok MI.
    Jakarta: Pengemudi ojek online mengaku cukup lega dengan kebijakan Pemerintah terkait kelonggaran penundaan cicilan kredit dari pinjaman perbankan atau lembaga pembiayaan (leasing) hingga satu tahun. Sektor pekerja nonformal ini lebih bisa bernafas selama penanganan darurat virus korona covid-19.

    "Adanya program ini artinya pemerintah sudah memperhatikan kebutuhan rakyatnya yang memang sebagain besar banyak menggunakan sepeda motor untuk menjalankan usaha nonformal," kata Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono kepada Medcom.id, Kamis, 26 Maret 2020.

    Ribuan pengemudi ojek online beragam aplikator yang tergabung di Garda sebanyak 80 persen di antaranya masih memanfaatkan fasilitas kredit untuk motor. Ia mengharapkan kebijakan yang kini tertuang dalam Peraturan OJK (POJK) Nomor 11/POJK.03/2020 itu pun bisa disinergikan dengan perusahaan pembiayaan.

    Baca: OJK Larang Debt Collector Tarik Kendaraan

    "Idealnya bisa diimplementasikan secepatnya, kalau bisa hari ini ya hari ini, kami juga berpacu dengan waktu dengan adanya tagihan kredit kendaraan sepeda motor sementara pendapatan kami makin turun drastis saat ini," ungkap Igun.

    Igun mengatakan relaksasi pembayaran cicilan kredit motor bisa dimanfaatkan setidaknya untuk bertahan selama masa tanggap darurat penanganan wabah. Saat ini, penghasilan ojek online yang mengandalkan pendapatan harian sudah berkurang drastis untuk antar penumpang dan hanya menyisakan celah di pesan antar makanan.

    "Ini yang penting juga disosialisasikan karena regulasi harus jelas, artinya apabila terjadi relaksasi sehingga bilamana terjadi penarikan secara paksa selama masa relaksasi ini baik debt colector dan lembaga keuangan itu dapat dikenakan sanksi," ucapnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id