Jenius-BNI Kolaborasi Dorong Pembayaran Nontunai

    Ilham wibowo - 24 September 2020 12:40 WIB
    Jenius-BNI Kolaborasi Dorong Pembayaran Nontunai
    Kartu uang elektronik BNI TapCash berkolaborasi dengan aplikasi perbankan digital besutan BTPN, Jenius untuk mendorong pembayaran nontunai. Foto: Antara/Dewi Fajriani.
    Jakarta: Aplikasi perbankan digital besutan BTPN, Jenius, resmi berkolaborasi dengan kartu uang elektronik BNI TapCash. Langkah ini memperkuat akses layanan pembayaran nontunai yang lebih efisien.

    Head Digital Banking BTPN Irwan S. Tisnabudi mengatakan bahwa masyarakat digital Indonesia dapat menggunakan layanan top up BNI TapCash melalui perangkat smartphone yang dilengkapi dengan fitur Near-Field Communication (NFC). Saldo pengguna aplikasi Jenius bisa dengan mudah dipindahkan ke kartu uang elektronik untuk keperluan transaksi.

    "Nasabah pengguna Jenius bisa dengan mudah top up TapCash, cukup tempelkan kartu TapCash di belakang smartphone android yang memiliki NFC, kemudian bisa melihat balance dengan mudah," kata Irwan dalam konferensi pers virtual, Kamis, 24 September 2020.

    Irwan menambahkan kolaborasi ini juga bertujuan untuk mendukung gerakan pembayaran nontunai yang tengah digalakkan oleh pemerintah dan Bank Indonesia. Terlebih di masa pandemi covid-19 saat ini, peran pembayaran digital maupun nontunai sangat penting dalam upaya meminimalisasi kontak fisik saat bertransaksi.

    Selain itu, perubahan perilaku finansial pada masyarakat mengelola finansial secara digital kian meningkat. Irwan menyebut bahwa lima fitur yang meningkat selama pandemi yakni send it ke bank lain, kartu debit utama, flexi saver, top up e-wallet, dan send it antar akun Jenius.

    "Ini menunjukkan bahwa pengguna mengandalkan lebih sering menabung di saat pandemi ini, memanfaatkan transaksi digital, dan mulai beralih ke metode pembayaran nontunai," tuturnya.

    Sementara itu, General Manager Divisi E-Banking BNI Sri Indira mengatakan, kolaborasi dengan Jenius diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis di layanan keuangan digital. Saat ini, 35 merchant sudah bermitra dengan TapCash seperti pada layanan pembayaran transportasi umum Commuterline, TransJakarta, MRT, LRT, Railink, Kapal Penyeberangan, pembayaran tol dan parkir, hingga transaksi di berbagai toko retail BNI seperti restoran, bioskop, dan minimarket.

    "Jumlah pengguna TapCash per Agustus 2020 telah meningkat hingga 23 persen dibandingkan Agustus tahun lalu. Pengguna BNI TapCash edisi Jenius dapat turut mendukung gerakan pembayaran nontunai dengan menggunakannya dalam setiap aktivitas harian," ungkapnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id