comscore

IHSG Menguji Kenaikan di Tengah Anjloknya Komoditas

Arif Wicaksono - 06 Juli 2022 09:51 WIB
IHSG Menguji Kenaikan di Tengah Anjloknya Komoditas
IHSG. Foto : MI.
.Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) rebound pada penutupan kemarin, setelah sebelumnya selama enam hari turun cukup tajam dengan minus 5.81 persen. Namun, kenaikan IHSG diuji dengan anjloknya harga komoditas utama yang menopang pendapatan ekonomi Indonesia saat terjadi gangguan rantai pasokan.

Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang mengatakan, pada hari ini IHSG menghadapi tekanan di bursa komoditas ketika harga komoditas jatuh bergelimpangan.
 
baca juga: Awali Pekan, IHSG Bakal Melemah Dibayangi Kekhawatiran Suku Bunga The Fed

Harga minyak mentah turun tajam sebesar 9.96 persen, emas tersungkur 2,40 persen, dan CPO jatuh semakin dalam di hari ketiga sebesar 4,75 persen (sehingga selama tiga hari harga CPO turun tajam sebesar 16,65 persen).
"Faktor yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah seberapa besar kejatuhan rupiah atas USD kedepannya, setelah euro turun tajam ke level terendah terhadap USD selama 20 tahun terakhir," kata Edwin dikutip dari risetnya, Rabu, 6 Juli 2022.

Indeks ekuitas AS ditutup bervariasi karena kekhawatiran atas kemungkinan resesi AS terus mencengkram pasar keuangan. Investor menghadapi banyak tantangan, termasuk inflasi yang terus-menerus, pengetatan kebijakan moneter yang cepat, data ekonomi yang melemah, dan risiko penurunan estimasi pendapatan.

Pada penutupan perdagangan perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), Indek Dow Jones Industrial Average jatuh 129,44 poin atau 0,42 persen menjadi 30.967,8. Indeks S&P 500 naik 6,06 poin atau 0,16 persen menjadi 3.831,39. Indeks Komposit Nasdaq meningkat 194,39 poin atau 1,75 persen ditutup di 11.322,24.

Delapan dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona merah, dengan sektor energi dan utilitas masing-masing tergelincir 4,01 persen dan 3,43 persen, memimpin kerugian. Sementara itu, sektor jasa-jasa komunikasi terangkat 2,67 persen, merupakan kelompok dengan kinerja terbaik.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id