Kencangkan 'Sabuk Pengaman'! IHSG Bakal Lanjutkan Pelemahan, Ini Pemicunya

    Annisa ayu artanti - 05 Maret 2021 09:28 WIB
    Kencangkan 'Sabuk Pengaman'! IHSG Bakal Lanjutkan Pelemahan, Ini Pemicunya
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti



    Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan ini berpotensi melanjutkan pelemahan. Pelemahan indeks dipicu oleh minimnya sentimen dalam negeri dan kecemasan naiknya imbal hasil obligasi Pemerintah Amerika Serikat (AS).

    "Dari dalam negeri masih minim sentimen ekonomi. Dari global masih ada kecemasan kenaikan imbal hasil obligasi," kata Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper, dalam riset hariannya, Jumat, 5 Maret 2021.






    Dennies menjelaskan secara teknikal indikator stochastic membentuk dead cross mengindikasikan potensi pelemahan akan berlanjut. Ia memprediksi IHSG bergerak di level support 6.210-6.250 dan resistance 6.349-6.408.

    Lebih lanjut, kata Dennies, IHSG juga melemah seiring dengan melemahnya bursa global. Bursa Amerika Serikat ditutup melemah seiring dengan imbal hasil obligasi AS bertenor 10 tahun kembali meningkat ke level 1,5 persen usai pernyataan Ketua the Fed Jerome Powell.

    "Hal tersebut memberikan sinyal bahwa the Fed kemungkinan besar akan menghentikan kebijakanya untuk memompa dana ke dalam pasar modal," ucapnya.

    Selain itu, saat ini investor tengah mengantisipasi data pekerjaan baru yang diekspektasi sebanyak 210 ribu atau lebih banyak daripada posisi Januari di angka 49 ribu.

    Dennies menambahkan, untuk bursa saham Asia dibuka melemah seluruhnya. Investor menjadi cemas atas komentar the Fed terutama pada pembukaan kembali ekonomi memberikan tekanan naik harga dan berujung peningkatan inflasi.

    "Artinya dianggap bahwa era suku bunga rendah akan berakhir," pungkasnya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id