Long Weekend, Perbankan Utamakan Layanan Digital

    Fetry Wuryasti - 30 Oktober 2020 13:43 WIB
    <i>Long Weekend</i>, Perbankan Utamakan Layanan Digital
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Perbankan menerapkan penyesuaian jam operasional selama libur nasional dan cuti bersama 28-30 Oktober 2020. Bank-bank yang sudah lebih mengedepankan layanan bank digitalnya tidak mengoperasikan kantor cabang selama libur panjang kali ini.

    PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT Bank CIMB Niaga Tbk, misalnya, tidak mengoperasikan seluruh kantor cabang selama periode libur. Operasional kantor cabang baru beroperasi normal pada Senin, 2 November 2020. Namun, nasabah tetap bisa mendapatkan layanan melalui saluran elektronik dan aplikasi digital.

    Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan nasabah Bank CIMB Niaga tetap mendapatkan layanan melalui digital lounge yang ada di mal seluruh Indonesia, ATM 24 jam, termasuk drive thru ATM. Nasabah juga dapat memanfaatkan layanan digital nasabah ritel yang tersedia di Octo Mobile dan Octo Click.

    "Ini dilakukan sebab kami melihat tren transaksi non-cash, digital yang semakin tinggi porsinya," kata Lani saat dihubungi, dikutip dari Mediaindonesia.com, Jumat, 30 Oktober 2020.

    Hal yang sama diterapkan BCA yang tidak akan beroperasi selama cuti bersama 28-30 Oktober 2020, termasuk layanan weekend banking mereka pada 31 Oktober dan 1 November 2020. Namun, nasabah tetap dapat memenuhi keperluan perbankannya melalui BCA mobile atau Klik BCA Individu atau Klik BCA Bisnis.

    BCA juga memberikan fitur digital banking bagi nasabah, antara lain fitur QR di BCA mobile yang bisa digunakan untuk bayar transaksi belanja di merchant dengan pembayaran QRIS. Fitur Tarik Tunai tanpa Kartu (cardless) di BCA mobile juga memungkinkan nasabah untuk menarik uang tunai tanpa kartu ATM. Fitur terbaru dari BCA, yaitu Debit Online, akan mempermudah nasabah membayar transaksi online.

    Layanan terbatas

    Berbeda dari perbankan swasta, Bank Mandiri memberikan layanan perbankan terbatas pada libur cuti bersama. Sebanyak 133 cabang di seluruh Indonesia akan beroperasi secara bergiliran untuk memberikan layanan perbankan, yaitu penerimaan setoran Modul Penerimaan Negara (MPN), setoran pembelian BBM/Non-BBM, serta layanan kas terbatas, seperti setor/tarik tunai, penggantian buku tabungan, cetak mutasi rekening, pindah buku antarrekening Bank Mandiri, dan pembukaan blokir.

    Dengan layanan yang terbatas, Bank Mandiri mengimbau para nasabah untuk mengoptimalkan layanan digital banking perseroan dalam bertransaksi, seperti Mandiri Online, Mandiri SMS Banking, Mandiri ATM, Mandiri Cash Management, dan Mandiri Internet Bisnis.

    Di samping layanan elektronik, Bank Mandiri juga memiliki lebih dari 120 ribu mandiri agen yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia. Mandiri agen ini menjadi kepanjangan tangan Bank Mandiri dalam membantu nasabah melakukan transaksi keuangan, seperti tarik dan setor tunai, transfer antarrekening Mandiri.

    Senior Vice President (SVP) Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi memperkirakan transaksi digital selama libur panjang ini meningkat 20-25 persen pada semua lini e-channel mereka.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id