Beda dengan RI, BI Optimistis Ekonomi Global Tumbuh Lebih Tinggi

    Husen Miftahudin - 22 Juli 2021 15:50 WIB
    Beda dengan RI, BI Optimistis Ekonomi Global Tumbuh Lebih Tinggi
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Bank Indonesia (BI) merevisi ke atas prakiraan pertumbuhan ekonomi global untuk sepanjang 2021 menjadi 5,8 persen, dari sebelumnya sebesar 5,7 persen. Hal ini karena kenaikan pertumbuhan ekonomi di banyak negara maju, utamanya di Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

    "Perekonomian global diprakirakan tumbuh lebih tinggi dari proyeksi sebelumnya, di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang kembali meningkat seiring penyebaran varian delta covid-19 di sejumlah negara," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan BI secara virtual, Kamis, 22 Juli 2021.

     



    Perry menjelaskan, kenaikan pertumbuhan ekonomi tercatat di AS dan Kawasan Eropa seiring dengan percepatan vaksinasi serta berlanjutnya stimulus fiskal dan moneter. Sementara pertumbuhan ekonomi Tiongkok tetap tinggi.

    "Prospek ekonomi India dan kawasan Asean diprakirakan lebih rendah seiring dengan penerapan pembatasan mobilitas untuk mengatasi peningkatan kembali kasus covid-19," tutur dia.

    Di sisi lain, volume perdagangan dan harga komoditas dunia juga diprakirakan lebih tinggi sehingga mendukung perbaikan kinerja ekspor negara berkembang, termasuk Indonesia.

    Sementara itu, lanjut Perry, ketidakpastian pasar keuangan global meningkat didorong oleh kekhawatiran pasar terhadap peningkatan penyebaran covid-19 dan dampaknya terhadap prospek ekonomi dunia, serta antisipasi terhadap rencana kebijakan pengurangan stimulus moneter (tapering) the Fed.

    "Kondisi tersebut mendorong pengalihan aliran modal kepada aset keuangan yang dianggap aman (flight to quality), sehingga mengakibatkan terbatasnya aliran modal dan tekanan nilai tukar negara berkembang, termasuk Indonesia," pungkas Perry.

     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id