OJK: Daerah Jadi Stimulus Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

    Husen Miftahudin - 09 Juni 2021 11:40 WIB
    OJK: Daerah Jadi Stimulus Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional
    Ilustrasi blok masela. Foto: Antara/Noveradika



    Jakarta: Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengungkapkan ekonomi di sejumlah daerah Indonesia mulai pulih. Salah satunya Yogyakarta yang mulai bergerak pulih.

    "Kita terus mencari solusi konstruktif bersama untuk menemukan dan meningkatkan potensi ekonomi baru di daerah Yogyakarta yang mampu menjadi stimulus percepatan pemulihan ekonomi nasional," ungkap Wimboh dikutip dari laman instagram terverifikasi @wimboh.ojk, Rabu, 9 Juni 2021.

     



    Wimboh mengungkapkan bahwa di tengah pandemi covid-19 yang hingga kini masih menjadi tantangan bersama, kondisi perekonomian global dan domestik menunjukkan tren pemulihan. Hal ini seiring dengan keyakinan keberhasilan program vaksinasi sebagai game changer.

    Tren pemulihan tersebut tercermin dari kenaikan Purchasing Manufacturing Index (PMI) global ke zona ekspansi serta harga komoditas yang mulai kembali menguat lebih cepat. Organisasi Perdagangan Internasional (WTO) juga merevisi proyeksi pertumbuhan perdagangan global 2021 menjadi 8,0 persen setelah mencatat penurunan 5,3 persen pada tahun lalu.

    "Sejalan dengan hal tersebut, sebagai salah satu langkah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, OJK memberikan dukungan penuh kepada korporasi dengan mempertemukan peran perbankan kepada kebutuhan industri melalui kebijakan restrukturisasi kredit/pembiayaan," tuturnya.

    Selain itu, lanjut dia, OJK juga mendukung kebijakan pemerintah terkait penurunan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dengan mendorong penyaluran pembiayaan bagi sektor otomotif, properti, dan kesehatan yang dapat memberikan multiplier effects tinggi bagi perekonomian.

    Meskipun saat ini perekonomian nasional masih tercatat kontraksi, tapi perekonomian beberapa daerah di Indonesia menunjukkan hasil positif. Misalnya Yogyakarta yang pada kuartal I-2021 mampu tumbuh positif sebesar 6,4 persen (yoy).

    Bahkan, urai dia, kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tumbuh mencapai 5,0 persen (yoy) dibarengi dengan geliat investor dan transaksi pasar modal tumbuh pesat.

    "Kolaborasi OJK, pemda, pelaku industri keuangan, ekonom, akademisi, dan seluruh pemangku kepentingan lainnya menjadi modal berharga untuk dapat membawa perekonomian daerah pulih kembali lebih cepat," tutup Wimboh.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id