comscore

Bos OJK Girang Penyaluran Kredit Sepanjang 2021 Tumbuh 5,2%

Husen Miftahudin - 20 Januari 2022 11:55 WIB
Bos OJK Girang Penyaluran Kredit Sepanjang 2021 Tumbuh 5,2%
OJK. Foto : MI/Ramdani.
Jakarta: Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso bangga dengan raihan pertumbuhan kredit di sepanjang 2021 yang mencapai sebesar 5,2 persen secara tahun ke tahun atau year on year (yoy). Angka ini lebih tinggi dari angka pesimisnya yang diungkap sampai pertengahan Desember 2021 yang tidak lebih dari lima persen.

"Dapat kami sampaikan bahwa di sektor perbankan pada akhir 2021 lalu, kredit sudah bertumbuh sebesar 5,2 persen (yoy)," ujar Wimboh dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis, 20 Januari 2022.
Angka pertumbuhan ini jauh lebih tinggi dibandingkan penyaluran kredit di sepanjang 2020 yang terkontraksi sebesar negatif 2,4 persen (yoy). Pun demikian dibandingkan dengan periode November 2021 yang tercatat tumbuh sebesar 4,82 persen (yoy).

Di sisi lain, sambung Wimboh, rasio kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) di sepanjang 2021 terkendali pada level 3,0 persen (yoy) dan cenderung turun dibandingkan dengan realisasi tahun lalu sebesar 3,06 persen (yoy).

"Dapat kami sampaikan stabilitas sistem keuangan terjaga, ditunjukkan dengan indeks stabilitas sistem keuangan yang terkendali dan perbaikan berbagai indikator-indikator keuangan lainnya," jelasnya.

Dari sisi permodalan perbankan dinilai cukup kuat karena jauh di atas threshold dimana rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) di sepanjang tahun lalu tercatat sebesar 25,67 persen.

"Hal tersebut juga didukung oleh pertumbuhan dana masyarakat (Dana Pihak Ketiga/DPK) yang terus meningkat yang pada akhir tahun lalu berjumlah 12,21 persen secara year on year," pungkas Wimboh.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id