Ancaman Korona, Fintech Prioritaskan Keberlangsungan Sektor Informal

    Eko Nordiansyah - 20 Maret 2020 15:35 WIB
    Ancaman Korona, <i>Fintech</i> Prioritaskan Keberlangsungan Sektor Informal
    CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra. FOTO: dok Amartha
    Jakarta: Perusahaan fintech peer to peer lending (P2P) di Indonesia memprioritaskan keselamatan dan keberlangsungan ekonomi masyarakat sektor usaha mikro informal atas ancaman perlambatan ekonomi imbas pandemi virus korona (covid-19).

    Pendiri dan CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra mengatakan sektor informal terbukti tangguh dan tidak terpengaruh dengan krisis ekonomi dunia. Apalagi mitra Amartha di pedesaan merupakan perempuan pengusaha mikro. Hal ini tercermin dari meningkatnya rata-rata plafon per pinjaman yang disalurkan kepada mitra Amartha.

    "Beberapa upaya yang dilakukan Amartha adalah memberlakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) social distancing, dalam pertemuan majelis tidak diperbolehkan untuk kontak fisik secara langsung baik kepada sesama mitra maupun petugas lapangan Amartha, serta menjaga jarak kontak fisik minimal satu meter dan mengganti berjabat tangan dengan Salam Namaste," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 20 Maret 2020.

    Selain itu, Amartha juga memberlakukan sistem titip bayar dan melarang mitra Amartha untuk hadir di pertemuan majelis bagi yang sedang sakit atau menunjukkan ciri-ciri penderita covid-19. Pembayaran angsuran dapat dilakukan dengan menitipkan angsuran pembayaran kepada ketua majelis.

    "Amartha telah memberikan sosialisasi mengenai perkembangan covid-19 dan edukasi gerakan pola hidup sehat, hygiene training yang meliputi langkah-langkah menjaga kebersihan diri dan kebersihan tempat usaha," tambah Taufan.

    Untuk memutus rantai penularan covid-19, Amartha telah memberhentikan seluruh kegiatan perjalanan dinas antar wilayah dari tim pusat dan tim cabang, serta kunjungan desa atau village tour dari pendana Amartha ke seluruh wilayah mitra. Di sisi lain, sistem bekerja dari rumah secara bergiliran turut diberlakukan kepada tim Amartha.

    "Kami melihat tingginya semangat mitra Amartha untuk menjalankan usaha dan meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka dalam situasi saat ini. Amartha pun berupaya untuk terus memberikan layanan pendanaan yang optimal dengan pemanfaatan teknologi untuk mengurangi kontak secara langsung antara petugas lapangan Amartha dengan mitra," ungkapnya.  




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id