Gerak IHSG Diyakini Lanjutkan Tren Positif

    Angga Bratadharma - 27 November 2020 09:35 WIB
    Gerak IHSG Diyakini Lanjutkan Tren Positif
    Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI
    Jakarta: Samuel Research Team mengungkapkan arus masuknya investor asing kembali terjadi pada perdagangan kemarin, dengan beli bersih sebesar Rp601 miliar. Tercatat beli bersih tertinggi mingguan diraih oleh BBRI, TLKM, dan BMRI.

    "Sementara, kami melihat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dapat melanjutkan positif pada akhir pekan ini," ungkap Samuel Research Team, dalam riset hariannya, Jumat, 27 November 2020.

    Realisasi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga 18 November tercatat Rp409 triliun dari total anggaran Rp695 triliun atau mencapai 58,8 persen. Saat ini tersisa kurang dari dua bulan untuk pemerintah merealisasikan sisa anggaran tersebut. Di sisi lain, pemerintah telah mengalokasikan anggaran PEN untuk 2021 sebesar Rp356,5 triliun.

    "Dengan salah satunya fokusnya yaitu vaksinasi," ucap Samuel Research Team.

    Sementara itu, pemerintah dikabarkan tengah merancang perubahan peran Bank Indonesia, yang tercantum pada RUU Omnibus Law Sistem Keuangan, di antaranya penanganan krisis, diperbolehkannya BI membeli SBN di pasar perdana dan memberi akses pendanaan kepada korporasi/swasta dengan repo SBN yang dimiliki korporasi melalui perbankan.

    Di sisi lain, kurs dolar Amerika Serikat menguat pada akhir perdagangan Kamis waktu setempat (Jumat WIB), saat Hari Thanksgiving. Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,01 persen menjadi 92,0104.

    Pada akhir perdagangan New York, euro tidak berubah dari sesi sebelumnya menjadi ditutup pada USD1,1915 dan poundsterling Inggris turun menjadi USD1,3356 dari USD1,3381 pada sesi sebelumnya. Dolar Australia turun menjadi USD0,7362 dari USD0,7364.

    Sedangkan dolar AS dibeli 104,24 yen Jepang, lebih rendah dibandingkan dengan 104,42 yen Jepang pada sesi sebelumnya. Dolar AS turun menjadi 0,9061 franc Swiss dibandingkan dengan 0,9086 franc Swiss, dan naik menjadi 1,3018 dolar Kanada dibandingkan dengan 1,2999 dolar Kanada.

    Volume perdagangan relatif tipis karena pasar keuangan AS ditutup pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB), untuk liburan Hari Thanksgiving.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id