Harapan Pemegang Polis Atas Rencana Restrukturisasi Jiwasraya

    Eko Nordiansyah - 02 Desember 2020 15:56 WIB
    Harapan Pemegang Polis Atas Rencana Restrukturisasi Jiwasraya
    Asuransi Jiwasraya. Foto : MI.
    Jakarta: Pemegang polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Oerianto Guyandi berharap pemerintah bisa segera merealisasikan rencana restrukturisasi yang telah disepakati dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)  untuk penyelamatan polis nasabah Jiwasraya.

    "Tentu kita mengapresiasi komitmen Pemerintah dan DPR untuk tanggung jawab. Iktikad pemerintah itu kita apresiasi dan terimakasih sekali," kata dia saat dihubungi di Jakarta, Rabu, 2 Desember 2020.

    Ia menambahkan terdapat hal-hal yang belum memenuhi ekspektasi nasabah. Untuk itu, ia menunggu penjelasan resmi dari Jiwasraya mengenai detail skema restrukturisasi sehingga informasi yang diterimanya dapat terjawab.

    "Ada hal-hal yang belum memenuhi ekspektasi nasabah. Pertama terkait pembayaran 15 tahun. Kemudian, jangan sampai ada yang dianaktirikan, diberlakukan subordinatif loan. Harapan kami tentunya skema itu berlaku fair untuk semua nasabah dan stakeholder terkait Jiwasraya," ungkap dia.

    Setelah mengantongi persetujuan DPR atas program restrukturisasi, Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hexana Tri Sasongko menyampaikan, dalam waktu dekat pihaknya akan mensosialisasikan mengenai penyelamatan polis melalui skema restrukturisasi.

    "Pada Desember ini ditargetkan, kita akan melakukan pengumuman pada masyarakat atau sosialisasi pada nasabah dengan memperhatikan protokol covid," kata Hexana usai RDP dengan Komisi VI DPR, Senin, 30 November 2020.

    Dengan kebijakan itu, DPR mendesak pemerintah agar segera mengimplementasikan skema restrukturisasi untuk mencegah negatif ekuitas Jiwasraya semakin dalam. Apalagi pada 2019, defisit ekuitas Jiwasraya sebesar Rp34,6 triliun naik dari tahun sebelumnya yang Rp30,3 triliun.

    "Kondisi terakhir pada Oktober 2020 negatif ekuitasnya mencapai Rp38,5 triliun. Oleh karena itu, masalah ini perlu diselesaikan segara sebelum nominal defisitnya semakin besar, semakin bengkak," ujar Ketua Panja Jiwasraya Komisi VI DPR, Arya Bima, dalam rapat bersama dengan Menteri BUMN.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id