Simak, 5 Investasi yang Masih Menggiurkan di 2021

    Rendy Renuki H - 06 Januari 2021 20:30 WIB
    Simak, 5 Investasi yang Masih Menggiurkan di 2021
    Foto: Grafis Medcom.id
    Jakarta: 2021 diprediksi masih menjadi tahun yang cukup berat. Terutama bagi sektor ekonomi dan finansial, akibat pandemi covid-19.

    Peluang investasi yang menguntungkan pada 2020 lalu belum tentu sama di 2021. Sehingga dalam keadaan yang masih sulit ini, seseorang dituntut cermat memilih investasi.

    Demi menjaga pendapatan tetap terjaga, ada beberapa peluang investasi yang diprediksi masih menggiurkan tahun ini. Berikut lima investasi yang masih menggiurkan pada 2021, yang telah Medcom.id rangkum dari berbagai sumber:

    1. Properti

    Investasi satu ini masih menjadi pilihan menggiurkan pada 2021, karena nilainya cenderung terus bertumbuh, terlebih jika lokasinya strategis. Meskipun berinvestasi di sektor ini sudah pasti memerlukan modal besar.

    Kebutuhan pasar akan properti pun terus meningkat. Pilihan rumah tapak atau bangunan vertikal memiliki peminatnya masing-masing. Sehingga bagi Anda pelaku investasi ini tentu memiliki peluang yang besar kembali meraup keuntungan. Entah dengan pilihan menjual, atau menyewakan properti tersebut.

    2. Emas

    'Merpati tak pernah ingkar janji'. Istilah itu mungkin cocok menggambarkan investasi emas, terutama logam mulia. Pasalnya emas dianggap menjadi salah satu investasi aman karena tak termakan inflasi.

    Pada awal 2021 ini saja, harga emas terus menguat. Salah satu contoh harga emas Antam per Rabu, 6 Januari 2021 yakni Rp981 ribu per gram atau naik Rp6.000.

    Jika Anda telah berinvestasi emas sebelumnya, tentu tinggal melanjutkannya pada 2021. Sedangkan bagi Anda yang baru ingin memulai, tidak ada salahnya mencoba investasi safe haven ini.

    3. Saham

    Saham bisa menjadi opsi investasi yang menggiurkan pada 2021. Apalagi tahun ini menjadi fase pemulihan ekonomi imbas pandemi covid-19. Apalagi suku bunga masih rendah pada awal 2021 ini. Tak hanya itu, likuiditas pasar yang cenderung membaik juga dinilai bisa menguntungkan bagi pasar modal.

    4. Deposito

    Investasi ini masih dianggap menggiurkan pada 2021 ini. Pasalnya, menurut sejumlah pengamat, deposito tidak terlalu mengalami dampak pandemi covid-19.

    Meskipun peluang keuntungan investasi ini hanya berkisar 5-7 persen per tahun. Namun deposito bisa menjadi salah satu investasi menjanjikan jika dikelola dengan baik.

    Namun yang perlu diperhatikan saat berinvestasi ini adalah jangan menarik dana di tengah jalan. Anda tentu akan terkena biaya penalti jika melakukan penarikan sebelum berakhirnya masa tenor.

    5. Reksa dana

    Reksa dana pada prinsipnya memiliki kemiripan dengan investasi deposito. Namun perbedaannya terletak pada besaran dana yang dikumpulkan dalam konsorsium. Dana itu nantinya akan dikelola manajer investasi dalam bidang bisnis tertentu. Keuntungan investasi akan dibagikan kepada para peserta konsorsium.

    Pada keadaan seperti saat ini, para pengamat menyarankan pelaku investasi reksa dana melakukan top-up. Para pengamat melihat adanya peluang disonto pada nilai unit investasi saat ini.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id