LPS-Kejagung Perkuat Koordinasi Tangani Bank Bermasalah

    Husen Miftahudin - 17 Juni 2021 14:42 WIB
    LPS-Kejagung Perkuat Koordinasi Tangani Bank Bermasalah
    Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Foto: Dok.MI



    Jakarta: Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memperkuat kerja sama dan koordinasi dengan Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, melalui Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun). Langkah tersebut dalam rangka penegakan hukum dan penanganan apabila ada bank bermasalah.

    Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, selama ini LPS selalu mendapatkan pendampingan dalam penanganan beberapa kasus yang dihadapi oleh LPS, seperti penanganan gugatan kepada mantan pemilik dan pengurus BPR Tripanca serta gugatan kepada mantan pemilik dan pengurus BPR Citraloka Dana Mandiri. Keduanya memiliki nilai gugatan yang cukup besar.

     



    "Ke depannya, kami berharap kerja sama antara LPS dan Jamdatun yang telah berjalan dengan sangat baik ini dapat dipertahankan dan bahkan mungkin ditingkatkan," ucap Purbaya dalam siaran pers yang dikutip Kamis, 17 Juni 2021.

    Jamdatun Kejagung RI Ferry Wibisono menjelaskan bahwa kerja sama ini juga bertujuan sebagai antisipasi awal dalam hal pemulihan (recovery) kepada bank bermasalah. Ia pun menyampaikan dalam kaitan permintaan legal opinion dan bantuan hukum antara LPS dengan Jaksa Pengacara Negara pada Jamdatun, maka pihaknya dipastikan akan membantu.

    "Selain aspek legal kami tambahkan aspek good corporate governance-nya. Selain itu kami siapkan dari sisi antisipasi aspek pidananya, kami tambahkan dari sisi potensi resiko pidananya, kajian itu akan kami lakukan dengan sangat komprehensif. Kami  berpegang teguh pada prinsip tidak campur tangan pada siapapun pihak yang kami dampingi," tegas Ferry.

    Selain berbagai aspek tersebut, Jamdatun Kejagung RI bersama dengan LPS juga akan memperkuat dari sisi aspek administrasi. Hal ini demi menghindari risiko terkait administrasi yang kemungkinan bisa terjadi di kemudian hari.

    "Rencananya akan diadakan pula pelatihan bersama untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang dinilai akan sangat bermanfaat bagi kedua pihak," tutup Ferry.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id