Aksi Jual Bakal Ramaikan Gerak IHSG Hari Ini

    Ade Hapsari Lestarini - 19 Februari 2021 09:27 WIB
    Aksi Jual Bakal Ramaikan Gerak IHSG Hari Ini
    Foto: Medcom.id/Desi Angriani.



    Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di akhir pekan ini cenderung melemah yang sudah terjadi sejak penutupan perdagangan kemarin.

    "Secara sentimen pergerakan IHSG diakhir pekan cenderung melemah dipicu oleh profit taking," jelas Technical Analyst & Head of Research Lanjar Nafi, dikutip dalam hasil risetnya, Jumat, 19 Februari 2021.






    Sementara itu ekuitas di Jepang membuka perdagangan di akhir pekan dengan pelemahan. Indeks Nikkei Jepang turun 0,47 persen dan Topix melemah 0,54 persen. Penurunan ini mengiringi pelemahan bursa global.

    Selain itu imbal hasil riil AS yang Lebih tinggi dapat menyebabkan masalah. Dengan benchmark imbal hasil treasury melayang di level tertinggi 12-bulan. Investor pun memperdebatkan apakah kenaikan lebih lanjut dapat memicu guncangan aset berisiko.

    "Namun, jeda dalam aksi jual pasar obligasi adalah pengingat rapuhnya latar belakang pertumbuhan global, dengan banyak hal bergantung pada keberhasilan peluncuran vaksin virus korona," jelasnya.

    Di sisi lain, mantan Penasihat Senat AS Tyler Gellasch, dan Direktur Riset Kebijakan Compass Point Research Isaac Boltansky membahas sidang Komite Jasa Keuangan DPR AS pada Kamis tentang volatilitas saham yang dipicu oleh Reddit baru-baru ini.

    Sedangkan dari komoditas, harga minyak WTI turun 1,42 persen akibat krisis cuaca di AS, yang kemungkinan akan membuat kilang ditutup selama seminggu lagi.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id