LPS Sebut Tren Penurunan Suku Bunga Simpanan Berlanjut di Kuartal I-2021

    Husen Miftahudin - 06 Maret 2021 19:00 WIB
    LPS Sebut Tren Penurunan Suku Bunga Simpanan Berlanjut di Kuartal I-2021
    Ilustrasi Lembaga Penjamin Simpanan - - Foto: MI/ Susanto



    Jakarta: Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam laporan Indikator Likuiditas Februari 2021 memproyeksi tren suku bunga simpanan yang menurun berpotensi masih berlanjut pada kuartal I-2021.

    Kondisi likuiditas bank yang masih cukup longgar diperkirakan mendorong bank untuk terus menekan cost of fund dengan menurunkan suku bunga, terutama untuk di produk time deposit.






    "Laju penurunan dominan dikontribusi bank besar, sementara respons pada kelompok bank kecil masih akan bertahap dan selektif," ungkap LPS dalam laporan tersebut seperti dikutip Sabtu, 6 Maret 2021.

    LPS juga menilai bahwa perbankan akan tetap berupaya menjaga spread antara suku bunga simpanan dan suku bunga kredit untuk mempertahankan kinerja profitabilitas. "Sehingga, transmisi penurunan suku bunga kredit akan berlangsung lebih panjang," tuturnya.

    Adapun suku bunga simpanan sepanjang bulan Januari 2021 terpantau melanjutkan tren menurun. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi likuiditas perbankan yang masih longgar.

    Rata-rata tingkat bunga deposito rupiah (22 moving daily average) bank benchmark LPS pada akhir Januari 2021 turun minus 11 basis poin (bps) ke level 4,01 persen. Sedangkan rata-rata suku bunga minimum turun minus 9 bps ke level 3,37 persen.

    Sementara itu, suku bunga maksimum juga mengalami penurunan sebesar minus 14 bps ke level 4,64 persen. Suku bunga deposito valuta asing pada periode yang sama juga menunjukkan tren penurunan.


    "Tercatat suku bunga minimum valuta asing mengalami penurunan minus satu bps ke level 0,21 persen, sementara suku bunga maksimum dan rata-rata mengalami penurunan masing-masing minus 5 bps dan minus tiga bps ke level 0,48 persen dan 0,35 persen," tutup laporan LPS.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id