Potensi Wakaf Uang Dapat Tembus Rp188 Triliun

    Nur Azizah - 25 Januari 2021 12:09 WIB
    Potensi Wakaf Uang Dapat Tembus Rp188 Triliun
    Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan di peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang. Foto: BPMI Setpres/YouTube APEC.


    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan potensi wakaf uang bisa mencapai Rp188 triliun. Serta potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp2.000 triliun.

    "Potensi wakaf di Indonesia sangat besar, baik wakaf benda tidak bergerak maupun benda bergerak termasuk wakaf dalam bentuk uang," ujar Jokowi saat peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang, di Istana Negara, Jakarta, Senin, 25 Januari 2021.




    Oleh karena itu, cakupan pemanfaatan wakaf perlu diperluas lagi. Sehingga tidak lagi terbatas untuk tujuan ibadah, tetapi juga untuk tujuan sosial-ekonomi yang memberikan dampak signifikan bagi pengurangan kemiskinan dan ketimpangan sosial dalam masyarakat.

    Baca: Jokowi Resmikan Gerakan Nasional Wakaf Uang

    Sejalan dengan itu, Presiden menyambut baik peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat rasa kepedulian dan solidaritas sosial untuk mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial di Indonesia.

    "Peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Nasional Uang hari ini menjadi bagian penting bukan hanya meningkatkan awareness/kepedulian, literasi, dan edukasi masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah," jelas dia.

    Menurut Jokowi, hal ini juga sebagai upaya memperkuat rasa kepedulian dan solidaritas sosial untuk mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial di Indonesia.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id