Merger Tiga Bank Syariah Perkuat Industri Keuangan

    Ilham wibowo - 16 Oktober 2020 16:14 WIB
    Merger Tiga Bank Syariah Perkuat Industri Keuangan
    Ilustrasi holding perbankan syariah - - Foto: dok BCA
    Jakarta: Langkah pemerintah mengkonsolidasikan tiga bank umum syariah BUMN dinilai tepat dalam meningkatkan daya saing dan penetrasi industri keuangan syariah.

    "Kami mendukung langkah pemerintah untuk mendorong sektor perbankan lebih efisien dan kompetitif, melalui aksi merger," ujar Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi melalui keterangan tertulis, Jumat, 16 Oktober 2020.

    Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyebut kebijakan merger juga bisa menjadi solusi dalam menjaga eksistensi bank-bank syariah. Apalagi, saat ini aturan agar semua unit usaha syariah (UUS) memisahkan diri dari induknya (spin off) masih berlaku.

    "Dalam menghadapi pasar bebas saat ini kita harus kreatif dan optimal memberikan servis prima. Betul kritik yang menyebut saat ini bank syariah variasi produknya belum banyak dan terbatas. Komisi XI mendukung langkah-langkah merger untuk menciptakan satu bank besar yang bisa lebih menggapai seluruh sektor, UMKM, dengan biaya yang lebih efisien," tambahnya.
     
    Anggota Komisi XI dari Fraksi PDI Perjuangan Musthofa menyebut konsolidasi bank syariah BUMN membuat pengembangan industri syariah bisa lebih terfokus dan membantu masyarakat lebih memahami filosofi serta tujuan keuangan syariah. Merger bank syariah juga bisa berujung pada semakin terciptanya diferensiasi produk keuangan Islam dan tidak asal membuat produk dan melayani masyarakat.

    "Kami juga ingin memfokuskan pengembangan ini, sehingga kalau masyarakat mau fokus dengan layanan syariah sudah tersedia pilihannya. Ini juga bisa menambah keyakinan masyarakat untuk menggunakan layanan keuangan syariah," tuturnya.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id