comscore

Bank Mandiri-Pos Indonesia Resmikan Kerja Sama Keagenan

Annisa ayu artanti - 05 Mei 2022 14:18 WIB
Bank Mandiri-Pos Indonesia Resmikan Kerja Sama Keagenan
Bank Mandiri. Foto : MI.
Yogyakarta: Bank Mandiri menyepakati kerja sama dengan Pos Indonesia untuk mendorong perekonomian Indonesia terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal tersebut diwujudkan lewat peresmian kerja sama bisnis model cross keagenan antara Mandiri Agen yang merupakan mitra usaha Bank Mandiri dan Agen Pos mitra usaha Pos Indonesia sebagai upaya meningkatkan inklusivitas layanan keuangan dan layanan kurir.

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso mengatakan kerja sama ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi antar BUMN. Keduanya akan bersinergi dalam rangka memberikan dampak lebih besar terhadap pertumbuhan perekonomian secara nasional.
“Bank Mandiri saat ini telah didukung lebih dari 100 ribu jaringan Mandiri Agen yang tersebar di seluruh Indonesia dan siap memberikan berbagai layanan keuangan kepada masyarakat. Begitu pun Pos Indonesia yang telah memiliki jaringan layanan kantor Pos dan Agen Pos yang representatif di seluruh Indonesia. Dengan kerjasama ini, ada potensi jaringan layanan agen dapat tumbuh berkembang bersama-sama,” ujar Josephus dalam keterangan resminya, Kamis, 5 Mei 2022.

Pihaknya optimistis, sinergi ini dapat memberikan nilai tambah dan kemudahan bagi para mitra usaha Bank Mandiri dan Pos Indonesia untuk mengembangkan usahanya.

“Kerja sama ini sangat menguntungkan bagi berbagai pihak, terutama untuk Mandiri Agen dan Agen Pos, dimana Mandiri Agen yang memberikan layanan keuangan seperti pembukaan rekening dan transaksi tarik setor tunai nantinya juga bisa menjadi Agen Pos yang memberikan layanan jasa kurir seperti pengiriman paket baik domestik maupun internasional dan begitu pun sebaliknya," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, kerja sama antara dua BUMN ini dalam bentuk pemanfaatan jaringan masing-masing agen untuk memberikan layanan keuangan dan layanan kurir yang inklusif.
 
Kemudian, kolaborasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemudahan operasional agen dan konsumen dalam mengakses layanan keuangan dan layanan kurir serta kolaborasi paket produk (product bundling) dalam rangka pemberdayaan masyarakat terutama UMKM.

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana mengatakan, kerja sama antara Pos Indonesia dan Bank Mandiri selaras dengan semangat sinergi antar BUMN yang saat ini sedang dibangun pemerintah, terutama dalam memberikan dampak lebih besar terhadap perekonomian nasional.

“Melalui kerja sama ini, jaringan cross agent dua BUMN akan semakin luas dan masif. Di sisi lain, akses masyarakat terhadap layanan keuangan dan kurir semakin mudah. Tentu ini akan memudahkan masyarakat terutama pelaku UMKM lebih maju dan berkembang,” ucap Choirina.

Dia menjelaskan, kerja sama ini akan memperluas inklusi layanan keuangan dan kurir. Cross agent ini menawarkan layanan one stop service, Cross Agent akan dapat melayani transaksi perbankan juga dapat melakukan kegiatan kurir dan logistik.

Adapun, saat ini PT Pos Indonesia memiliki jaringan lebih dari 4.800 kantor, 8.891 Agen Pos, serta puluhan ribu agen yang terhubung dengan berbagai layanan Pos Indonesia. Pos Indonesia juga memiliki jangkauan ke ratusan negara di dunia.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id