comscore

Inovasi dan Brand Kunci Pendorong Utama Kinerja Bisnis UNVR di 2022

Ade Hapsari Lestarini - 16 Juni 2022 14:53 WIB
Inovasi dan <i>Brand</i> Kunci Pendorong Utama Kinerja Bisnis UNVR di 2022
Ilustrasi. Foto: AFP/Tolga Akmen.
Tangerang: PT Unilever Indonesia Tbk (Unilever) mencatatkan kinerja positif pada kuartal I-2022 meski dalam dua tahun terakhir menghadapi tantangan bisnis yang kompetitif dampak dari pandemi covid-19.

Presiden Direktur Unilever Indonesia Ira Noviarti optimistis atas peluang pertumbuhan berkelanjutan bagi Unilever di masa depan, termasuk pada segmen konsumen premium yang tumbuh lebih agresif dibanding segmen menengah.
"Pada 2025, kelas menengah-keatas akan mencapai lebih dari setengah populasi, dengan sekitar 68 persen dari populasi tinggal di daerah perkotaan," jelas Ira, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 16 Juni 2022.

Dia menjelaskan, dalam menjabarkan two speed of economy yang terjadi di Indonesia saat ini, Perseroan perlu menghadirkan portofolio yang lengkap, serta profitabilitas yang optimal.

Menurut dia, konsumen kelas menengah secara jumlah memang mayoritas, namun rentan terhadap tekanan daya beli, untuk itu perseroan akan tetap menjaga tersedianya opsi produk yang lebih terjangkau. Di sisi lain, perseroan juga menangkap segmen kelas atas tumbuh pada tingkat yang jauh lebih cepat, dan menjadi peluang bagi perseroan.

"Dengan pertumbuhan konsumen menengah ke atas yang berkelanjutan ini, kami melihat premiumisasi akan menjadi lokomotif pertumbuhan dalam lima tahun ke depan. Untuk segmentasi konsumen yang lebih besar, perseroan menyediakan paket dan harga yang sesuai untuk mendorong peningkatan pangsa pasar sekaligus menyesuaikan ukuran keranjang konsumen. Kami juga menyediakan portofolio yang berbeda dengan segmen harga yang lebih rendah," lanjut Ira.

Kinerja kuartal I Unilever

Dalam paparan publik yang dilaksanakan pada Rabu, 15 Juni 2022, Unilever memaparkan pada kuartal I-2022 berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp2 triliun atau tumbuh sebesar 19,0 persen year on year (termasuk penyesuaian satu kali atas Central Service Fee 2021), di luar penyesuaian tersebut laba bersih tumbuh sebesar 4,8 persen.

Menguatnya fundamental tersebut menjadi kunci pertumbuhan Unilever Indonesia. Di kuartal I, Distributive Trade perseroan mencatatkan pertumbuhan double digit, sementara channel e-commerce menggandakan kinerja dengan bertumbuh sebesar 100 persen. Adapun divisi yang berhasil mendorong pertumbuhan perseroan adalah Food, Beverage, Personal Care, dan Unilever Foods Solution (UFS).

Brand Royco, Bango dan Buavita menjadi penopang utama pertumbuhan divisi Food dan Beverage. Demikian juga dengan divisi Personal Care yang membukukan pertumbuhan penjualan didorong oleh kinerja yang kuat dari kategori Oral Care dan Deodorant. Hasil yang membanggakan juga ditunjukkan oleh Unilever Foods Solution (UFS) yang tumbuh sebesar 25 persen. Kinerja ini membawa UFS pada posisi yang lebih baik dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Ira menekankan, awal yang kuat harus dibarengi dengan strategi dan eksekusi yang juga kuat untuk mempertahankan kinerja. Karena itu, perseroan terus berfokus pada lima strategi utama Unilever Indonesia untuk memenangkan persaingan di tengah begitu banyaknya tantangan:
  1. Memperkuat dan unlock potensi penuh dari brand-brand besar dan produk utama melalui inovasi dan program marketing terdepan untuk mendorong pertumbuhan pasar.
  2. Memperluas dan memperkaya portofolio ke premium dan value segment.
  3. Memperkuat kepemimpinan di channel utama (GT dan Modern Trade) dan channel masa depan (e-commerce).
  4. Penerapan E-Everything di semua lini, termasuk memimpin di Digital & Data Driven capabilities.
  5. Tetap menjadi yang terdepan dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan.
Meski dalam persaingan yang ketat, Unilever juga memiliki produk dengan price index yang bervariasi. Pada beberapa portofolio khusus atau portofolio premium, perseroan memiliki produk dengan harga tiga kali lipat dari core product. Untuk mendukung portofolio premium, Perseoran berinvestasi pada channel masa depan seperti e-commerce, dan social commerce, dengan terdapat target konsumen yang sesuai.

Dalam aspek komunikasi, perseroan juga mendorong peningkatan belanja media dari 5,5 persen ke 7,5 persen pada bauran segmentasi yang semakin beragam, dan menjangkau preferensi konsumen di saat ini. Hal ini memperkuat asupan data dan market insight yang sangat mendukung pengambilan keputusan perseroan.

Pada sturuktur komposisi produk, perseroan akan sangat cermat dalam memilih material yang digemari konsumen, dan sekaligus efisien dalam membentuk harga jual yang kompetitif. Pada 2021 saja, Perseroan telah melakukan lebih dari 20 inovasi yang memperkuat keunggulan kompetitif rangkaian portofolio Unilever Indonesia.

"Penguatan inovasi dan portofolio, transformasi digital, serta penguatan organisasi terus dilakukan demi menciptakan pertumbuhan bisnis yang kuat dan mampu bersaing. Misalnya berinvestasi pada brand-brand global untuk dibawa ke Indonesia, atau memperkaya brand yang sudah leading di Tanah Air," tegas Ira.

Selain itu, dalam hal pemasaran, perseroan akan mengedepankan transformasi digital demi memperkuat digitalisasi di General Trade (GT) dan keberadaan di omni channel. Hal ini dilakukan melalui serangkaian upaya, yang salah satunya adalah melalui peningkatan kapabilitas digital di GT.

Sebagai upaya penguatan organisasi, dalam RUPS kali ini, Perseroan juga mengangkat sejumlah Direktur, yaitu Amaryllis Esti Wijono sebagai direktur kategori Nutrition. Anindya Garini Hira Murti Triadi sebagai direktur kategori Ice Cream. Sandeep Kohli sebagai direktur kategori Beauty & Wellbeing. Shiv Sahgal sebagai direktur kategori Home Care dan Vivek Agarwal sebagai direktur keuangan.

"Jajaran direksi akan senantiasa fokus untuk memastikan pertumbuhan yang konsisten di setiap tahunnya yang minimal setara dengan pertumbuhan pasar, dan memberikan nilai tambah kepada seluruh investor dan pemangku kepentingan yang lebih luas," tutup Ira.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id