Akhir Pekan Aksi Jual Hantui Pergerakan IHSG

    Annisa ayu artanti - 03 April 2020 08:44 WIB
    Akhir Pekan Aksi Jual Hantui Pergerakan IHSG
    Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI
    Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada akhir pekan ini diprediksi cenderung melemah karena investor asing masih terus melakukan aksi jual. Sejauh ini, penyebaran virus korona di Tanah Air masih menjadi katalis negatif yang membuat IHSG kesulitan untuk menguat.

    Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan meski mulai banyak investor domestik yang optimistis usai pemerintah memberikan stimulus dan kebijakan dalam menghadapi virus korona (covid-19), namun investor asing terus melakukan aksi jual. Tercatat pada perdagangan kemarin, aksi jual sebesar Rp384,29 miliar.

    Sementara secara teknikal, pergerakan IHSG masih akan kembali terkonsolidasi. "Sehingga selanjutnya pergerakan IHSG masih akan terkonsolidasi cenderung negatif di akhir pekan dengan support dan resistance 4.390-4.590," kata Lanjar, seperti diktuip dari riset hariannya, Jumat, 3 April 2020.

    Selanjutnya, Lanjar menjelaskan, investor masih akan mencermati kondisi mengenai penyebaran pandemi virus korona dan memantau dampaknya terhadap perekonomian global dan regional. Adapun akibat virus tersebut jumlah kematian di Prancis dan Spanyol mengalami peningkatan.

    Sedangkan di wilayah New York dan New Jersey, pemerintah setempat mengatakan adanya kematian meningkat dua kali lipat dalam tiga hari terakhir. Lalu, di Italia dan Jerman, pemerintah setempat akhirnya kembali memperpanjang kebijakan lockdown sebagai langkah menghadapi pandemi ini.

    Sementara di Florida, pemerintah setempat menegaskan kepada masyarakatnya untuk tinggal di rumah. Melihat kondisi itu, Lanjar mengatakan, pergerakan market masih sangat fluktuatif. "Investor akan melihat dan berspekulasi akan dampak stimulus yang dinilai lebih besar dari krisis sebelumnya," ujarnya.

    Beberapa saham yang direkomendasikan untuk diperhatikan investor hari ini adalah saham PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), dan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR).


     



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id