TMAS Bagi Dividen Tunai Rp250 Miliar

    Ade Hapsari Lestarini - 11 Juni 2021 15:28 WIB
    TMAS Bagi Dividen Tunai Rp250 Miliar
    Foto: Grafis Medcom.id



    Jakarta: Emiten pelayaran angkutan barang dengan kontainer (peti kemas) melalui jalur laut, PT Temas Tbk (TMAS) membagikan dividen tunai dengan total Rp250 miliar.

    Rinciannya, sebanyak Rp50 miliar yang disisihkan dari laba bersih 2020. Sementara Rp200 miliar yang diambil dari saldo laba yang belum ditentukan penggunaannya pada tahun buku 2020. Sehingga para pemegang saham akan memperoleh Rp43,82 per lembar saham.

     



    Pembagian dividen ini telah disetujui oleh pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2020 dan RUPS Luar Biasa pada Jumat, 11 Juni 2021.

    Direktur Utama TMAS Sutikno Khusumo mengatakan, sepanjang 2020 perseroan fokus untuk memastikan kelangsungan operasional di masa pandemi covid-19 dengan melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus covid 19, baik untuk karyawan di darat juga untuk kru di atas kapal.

    "Secara grup, perseroan juga melakukan pengembangan di bidang usaha pelabuhan dan depo peti Kemas. Kami juga tetap berpartisipasi dalam program tol laut yang dicanangkan oleh Pemerintah. Tahun lalu kami berpartisipasi di dalam tiga rute tol laut yaitu trayek T-1, T-11, dan T-17," jelas dia, dalam keterangan resminya, Jumat, 11 Juni 2021.

    Tambah armada

    Dia menjelaskan, dari sisi kapasitas angkut armada, tahun lalu perseroan melakukan pengembangan dengan menambah enam unit kapal. Dengan adanya penambahan ini kapasitas angkut armada perseroan menjadi 30.395 TEUs atau 445.792 DWT.

    "Penambahan jumlah armada ini bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan segmentasi terkait rute pelayaran untuk pelabuhan kecil dan menengah," tambah Sutikno.

    Direktur Keuangan Temas Ganny Zheng menambahkan, volume muatan 2020 turun 1,2 persen menjadi 426.367 TEUs dibandingkan 2019. Namun demikian, perseroan masih mencatatkan laba bersih sebesar Rp52,2 miliar, meskipun turun 48,11 persen dibanding laba bersih tahun lalu sebesar Rp100,6 miliar.

    Adapun aset perusahaan di 2020 naik menjadi Rp3,84 triliun dari sebelumnya Rp3,27 triliun, ekuitas naik menjadi Rp1,21 triliun dari Rp1,18 triliun di 2019.

    "Dengan investasi yang dilakukan pada kuartal IV-2020, maka diharapkan dapat meningkatkan produktivitas serta volume angkut pada tahun ini," ujarnya.

    Ganny menambahkan, sepanjang tahun lalu, perseroan telah melakukan beberapa langkah strategis, di antaranya membentuk satu anak usaha baru di Oktober 2020, yaitu PT Pelabuhan Temas Nusantara yang bergerak di jasa kepelabuhanan.

    Selain itu, secara konsolidasi, anak usaha perseroan lainnya, PT Temas Shipping, juga membentuk satu anak usaha baru pada Mei 2020, yaitu PT Temas Bulker, yang juga bergerak di bidang usaha angkutan laut dalam dan luar negeri.

    Rencana 2021

    Sebagai realisasi dari rencana 2020, khususnya di bidang teknologi informasi, perseroan juga meluncurkan KlikTemas, sebuah sistem yang dikembangkan untuk proses digitalisasi dan globalisasi.

    "Kami ingin memberi nilai tambah pada pelayanan yang kami berikan kepada para customer. Dengan adanya sistem ini diharapkan para customer dapat lebih dimudahkan dalam menggunakan jasa kami, mulai dari proses booking muatan sampai kepada proses pengambilan muatan di pelabuhan tujuan," papar Direktur Temas Shipping, Harry Haryanto.

    Melihat kesempatan proyek yang ada dari bisnis angkutan laut dari dan ke luar negeri maka Perseroan membuka rute luar negeri dengan menambah dua unit kapal dengan kapasitas masing-masing sebesar 8.000 DWT dan dengan crane yang mampu untuk mengangkat muatan dengan berat maksimal 350 MT sekali angkat.

    Penambahan kapasitas angkut juga masih menjadi fokus dalam pengembangan bisnis Perseroan. Sampai dengan semester pertama 2021 secara konsolidasian Perseroan telah mengakuisisi 11 unit kapal, sehingga total jumlah armada Perseroan menjadi 50 unit dengan kapasitas angkut sebesar 35.123 TEUs atau 519.223 DWT.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id