OJK: Aset Keuangan Syariah RI Capai Rp1.639 Triliun

    Husen Miftahudin - 21 September 2020 11:03 WIB
    OJK: Aset Keuangan Syariah RI Capai Rp1.639 Triliun
    Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. Foto : Medcom.id.
    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan aset keuangan syariah (tidak termasuk saham syariah) Indonesia hingga Juli 2020 mencapai sebesar USD111,86 miliar atau setara Rp1.639,08 triliun (kurs tengah BI per 30 Juli 2020 Rp14.653 per USD). Angka ini mengalami kenaikan sebanyak 20,61 persen secara year on year (yoy) dengan market share sebesar 9,68 persen.

    Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan capaian ini harus disyukuri di tengah tingginya ketidakpastian perekonomian akibat meluasnya dampak pandemi covid-19. Sebab, perkembangan keuangan syariah RI sepanjang tahun ini masih menunjukkan pertumbuhan yang positif.

    "Hal ini menunjukkan bahwa keuangan syariah kita memiliki daya tahan dan semangat yang tinggi untuk dapat bertahan dan siap mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kita," ujar Wimboh dalam diskusi virtual Forum Riset Ekonomi & Keuangan Syariah (FREKS) 2020, Senin, 21 September 2020.

    Lebih lanjut Wimboh menerangkan bahwa kuatnya daya tahan keuangan syariah Indonesia didukung dengan semakin banyaknya jumlah lembaga jasa keuangan syariah yang ada. Hingga saat ini terdapat sebanyak 14 bank umum syariah (BUS), 20 unit usaha syariah (UUS), dan 162 bank perkreditan rakyat syariah (BPRS).

    Di sektor pasar modal, keuangan syariah RI memiliki 464 saham syariah, 145 sukuk (obligasi syariah) korporasi, dan 282 reksadana syariah. Selain itu ada juga 66 sukuk negara dan 215 lembaga jasa keuangan syariah yang termasuk dalam Industri Keuangan Non Bank (IKNB).

    "Lembaga jasa keuangan syariah IKNB tersebut di antaranya termasuk perusahaan asuransi, pembiayaan, penjaminan, dan lembaga keuangan mikro syariah. Jadi kita dari kelembagaan jumlahnya sudah cukup banyak," ungkapnya.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id