comscore

Optimalkan Digitalisasi, UOB Indonesia Adopsi Fitur BI-FAST

Angga Bratadharma - 26 Januari 2022 13:57 WIB
Optimalkan Digitalisasi, UOB Indonesia Adopsi Fitur BI-FAST
Ilustrasi. FOTO: AFP
Jakarta: UOB Indonesia resmi melakukan peluncuran fitur BI-FAST pada TMRW, yang merupakan aplikasi perbankan digital UOB. Fitur ini hadir agar nasabah dapat melakukan transfer dana dalam rupiah dengan biaya yang lebih terjangkau, lebih aman, lebih cepat, dan dilakukan secara real-time.

"Di UOB Indonesia, kami menghadirkan solusi yang progresif dan inovatif, tidak hanya relevan bagi gaya hidup nasabah tetapi juga disesuaikan dengan kebutuhan mereka," kata Presiden Direktur UOB Indonesia Hendra Gunawan, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 26 Januari 2022.
UOB Indonesia merupakan salah satu bank pada batch pertama yang menghadirkan fitur BI-FAST. Fitur ini juga memungkinkan transfer dana antarbank dengan menggunakan nomor ponsel penerima atau alamat surel yang berfungsi sebagai proxy rekening bank penerima.

BI-FAST diluncurkan pada 21 Desember 2021 oleh Bank Indonesia. Pada tahap awal, fokusnya adalah layanan transfer kredit antarnasabah individu. BI-FAST merupakan infrastruktur sistem pembayaran secara real-time yang hadir 24 jam dalam tujuh hari, serta bertujuan memberikan layanan pembayaran yang cepat, nyaman, terjangkau, aman, dan andal (CEMUMUAH).

Peningkatan tingkat konsumsi secara daring telah mendorong pemanfaatan serta permintaan akan layanan keuangan digital yang aman dan cepat. Berdasarkan laporan IDC yang dilakukan 2C2P3 yakni sebuah platform pembayaran global, Asia Tenggara tengah bertransformasi keuangan yang dipicu perubahan perilaku konsumen, tren ritel, dan opsi pembayaran inklusif.

Seiring dengan semakin berkembangnya e-commerce, tingkat pembayaran secara digital memang diprediksi akan mencapai 91 persen dari total pembayaran e-commerce pada 2025. Indonesia diproyeksikan menjadi salah satu pasar terbesar bagi pembayaran e-commerce, diikuti oleh Vietnam dan Thailand.


"Kami senang menjadi salah satu bank pertama yang menghadirkan layanan BI-FAST sehingga mentransfer dana dapat lebih terjangkau dan andal bagi nasabah," jelasnya.

Ia menambahkan seiring dengan semakin maraknya penggunaan layanan perbankan digital di Indonesia serta kian berkurangnya penggunaan uang tunai, UOB mencermati adanya pertumbuhan yang signifikan dari nasabah TMRW dalam satu tahun terakhir ini. Nasabah juga semakin tertarik dalam menggunakan metode pembayaran digital yang nyaman dan aman.

"Melalui dukungan kami terhadap inisiatif dalam industri keuangan digital seperti BI-FAST ini, kami akan terus membantu dalam upaya menumbuhkembangkan digitalisasi, mendorong inklusi keuangan, serta memberikan sumbangsih terhadap percepatan pemulihan perekonomian Tanah Air," ucapnya.

UOB Indonesia akan meluncurkan fitur BI-FAST untuk lebih banyak kanal pembayaran, seperti bulk credit, debit langsung dan permintaan layanan pembayaran bagi nasabah dan bisnis secara progresif seiring dengan upaya Bank Indonesia untuk terus mengembangkan sistem BI-FAST.

UOB Indonesia juga mendukung Gerakan Nasional Non-Tunai yang memungkinkan pembayaran digital melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada aplikasi TMRW.


(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id