Cadangan Devisa RI Terpangkas Lagi, Jadi USD133,7 Miliar

    Husen Miftahudin - 06 November 2020 11:57 WIB
    Cadangan Devisa RI Terpangkas Lagi, Jadi USD133,7 Miliar
    Ilustrasi cadangan devisa - - Foto: MI/ Panca Syurkani
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa hingga akhir Oktober 2020 sebesar USD133,7 miliar. Jumlah ini kembali mengalami penurunan setelah mencetak rekor tertinggi pada periode Agustus 2020 di mana total cadangan devisa RI pada saat itu mencapai sebesar USD137,0 miliar.

    Kemudian pada periode September 2020, cadangan devisa terpangkas menjadi sebesar USD135,2 miliar. Lalu pada periode laporan kali ini, cadangan devisa kembali terpangkas menjadi USD133,7 miliar.

    "Penurunan cadangan devisa pada Oktober 2020 antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah," ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, Jumat, 6 November 2020.

    Meski begitu, tegas Onny, Bank Indonesia memastikan bahwa jumlah cadangan devisa sebanyak USD133,7 miliar itu mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

    Adapun posisi cadangan devisa hingga akhir Oktober 2020 setara dengan pembiayaan 9,7 bulan impor atau 9,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

    "Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi," pungkas Onny.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id