Bos BI: Sudah Turunkan Suku Bunga, Kini Saatnya Mengucurkan Kredit

    Husen Miftahudin - 15 April 2021 22:47 WIB
    Bos BI: Sudah Turunkan Suku Bunga, Kini Saatnya Mengucurkan Kredit
    Gubernur BI Perry Warjiyo. Foto: MI/Panca Syurkani



    Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengapresiasi langkah dan upaya industri perbankan yang telah menurunkan suku bunga kreditnya mengikuti penurunan suku bunga kebijakan bank sentral. Langkah tersebut penting guna mendorong pemulihan ekonomi nasional.

    "Sudah saatnya perbankan juga memenuhi ajakan kami, menurunkan suku bunga kredit. Alhamdulillah BCA juga sudah menurunkan suku bunga kredit," ucap Perry dalam konferensi pers virtual BCA UMKM Fest, Kamis, 15 April 2021.






    Perry mengungkapkan bahwa Bank Indonesia telah menurunkan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate hingga ke level 3,50 persen. Bank sentral bahkan telah menurunkan suku bunga kebijakannya sebesar 150 basis poin (bps).

    "Suku bunga 3,50 persen ini merupakan yang terendah sepanjang sejarah. BI juga sudah melakukan injeksi likuiditas dalam jumlah yang besar, yakni Rp792 triliun, sehingga likuiditas di perbankan ini berlebih," urainya.

    Namun demikian, jelasnya, langkah dan upaya perbankan nasional tidak boleh berhenti pada menurunkan suku bunga kredit semata. Bank-bank pelat merah dan swasta tanah air perlu terus berupaya untuk menggenjot pemulihan ekonomi dari dampak pandemi, yakni dengan mengucurkan kredit.

    "Setelah menurunkan suku bunga kredit, sudah saatnya sekarang mengucurkan kredit kepada dunia usaha, termasuk dan khususnya UMKM. Ini sangat diperlukan untuk mendukung pemulihan ekonomi," tegas Perry.

    Sebelumnya, Perry meminta Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan bank-bank swasta nasional segera menurunkan suku bunga kredit mengikuti pemangkasan suku bunga acuan yang dilakukan bank sentral. Langkah itu diperlukan guna mendorong pemulihan ekonomi nasional yang terdampak akibat pandemi covid-19.

    "Sekarang tinggal BPD dan bank-bank swasta lain. Ayo ayo ayo turunkan suku bunga, supaya kita terus mendorong ekonomi kita," ucap Perry dalam acara Sarasehan Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional - Temu Stakeholders di Bali, Jumat, 9 April 2021.

    Di sisi lain, Perry mengucapkan terima kasih atas upaya Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang mengikuti langkah bank sentral dengan menurunkan suku bunga kredit. Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN telah memangkas Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) mereka secara signifikan.

    "Tidak tanggung-tanggung, SBDK-nya bank-bank Himbara langsung turun suku bunga kreditnya. Melihat grafiknya, itu langsung nyungsep, dari 10 persen menjadi 8,7 persen. Terima kasih, tepuk tangan buat bank-bank Himbara," apresiasi Perry.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id