comscore

CIMB Niaga Genjot Dana Murah via Tabungan Digital

Angga Bratadharma - 23 September 2021 12:50 WIB
CIMB Niaga Genjot Dana Murah via Tabungan Digital
Head of Consumer Product, Preferred & Personalization CIMB Niaga Noviady Wahyudi. FOTO: CIMB Niaga
Jakarta: PT CIMB Niaga Tbk (BNGA) atau CIMB Niaga terus memperkuat transformasi digital seiring dengan pandemi covid-19 telah mengubah perilaku konsumen terhadap digitalisasi. Transformasi yang dilakukan pun bukan hanya pada produk tabungan semata tapi juga ke area kartu kredit hingga produk pinjaman.

"Kami merasa pilihan untuk mengadopsi digital sudah menjadi keharusan karena nasabah semakin banyak pilihan. Pandemi covid-19 ini memang mempercepat perubahan perilaku konsumen terhadap digital," kata Head of Consumer Product, Preferred & Personalization CIMB Niaga Noviady Wahyudi, dalam konferensi pers virtual, Kamis, 23 September 2021.
Kondisi itu, lanjutnya, yang membuat CIMB Niaga terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile yakni pembukaan rekening tabungan secara digital dengan produk OCTO Savers dan OCTO Savers-iB. Hal itu juga sejalan dengan perubahan perilaku dan kebutuhan perbankan masyarakat yang terus berkembang.

"Tabungan berbasis digital ini mengandalkan free banking untuk mendukung beragam aktivitas perbankan nasabah," kata Dede, sapaan akrabnya.

Dirinya menjelaskan tabungan berbasis digital dikeluarkan lantaran produk tabungan adalah salah satu tulang punggung perbankan termasuk di CIMB Niaga. Apabila produk tabungan terus meningkat dan porsi Current Account Saving Account (CASA) berimbang dengan dana mahal maka berdampak positif terhadap biaya dana atau Cost of Fund (COF).

"CASA adalah salah satu yang kita ukur dan dibandingkan dengan rata-rata industri pertumbuhan (CASA) kita di atas industri. Pertumbuhan tabungan penting terhadap rasio CASA karena bisa menekan biaya cost of fund. Analogi sederhananya adalah kita bisa memberikan pinjaman dengan lebih kompetitif," tuturnya.

Guna memaksimalkan pertumbuhan CASA, Dede menjelaskan, banyak hal dilakukan seperti memberikan sejumlah program menarik hingga memberikan kemudahan kepada nasabah sehingga menjadi pilihan utama nasabah. "Analoginya semakin mengenal harapannya semakin bertambah dan mengambil produk-produk lainnya yang bisa melengkapi," ucapnya.

Dede mengatakan bagi nasabah yang ingin membuka tabungan digital maka bisa menggunakan OCTO Mobile, langsung dari ponsel di genggaman tangan, dan tanpa perlu datang ke kantor cabang. Hal ini sekaligus mendukung gaya hidup yang sehat dan aman, karena seluruh proses mulai dari pengisian data hingga verifikasi dilakukan lewat aplikasi tanpa perlu keluar rumah.

"Setiap bulan, nasabah bisa memperoleh total 60 kali transaksi tanpa biaya apabila saldo tabungan pada akhir bulan sebelumnya mencapai minimal Rp2 juta, dan tanpa biaya administrasi bulanan. Nasabah juga tidak dikenakan biaya di bawah saldo minimum apabila saldo rata-rata tabungan mencapai minimal Rp2 juta," kata Dede.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, pengenalan tabungan digital merupakan bagian dari rangkaian Ulang Tahun ke-66 CIMB Niaga. Inisiatif ini sejalan dengan strategi transformasi digital CIMB Niaga untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan menjadi langkah simplifikasi produk tabungan di CIMB Niaga, sehingga bisa melayani kebutuhan nasabah dengan lebih tepat.

"Dengan seluruh proses yang terintegrasi dari satu aplikasi OCTO Mobile, nasabah hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit untuk membuka tabungan OCTO Savers. Kepraktisan pembukaan tabungan melalui platform digital tersebut diharapkan makin meningkatkan minat masyarakat untuk mengakses produk dan layanan jasa perbankan," tutupnya.

 

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id