Ditagih Tapi Tidak Meminjam, OJK: Hati-hati Itu Modus Penipuan Pinjol Ilegal!

    Husen Miftahudin - 15 September 2021 18:39 WIB
    Ditagih Tapi Tidak Meminjam, OJK: Hati-hati Itu Modus Penipuan <i>Pinjol</i> Ilegal!
    Ilustrasi penawaran pinjaman online ilegal - - Foto: Medcom



    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tak henti-hentinya untuk mengingatkan masyarakat agar selalu mewaspadai modus dan tipu muslihat pinjaman online (pinjol) ilegal. Salah satunya dengan cara menagih pinjaman meskipun tidak pernah meminjam.

    "Pernah ditagih pinjol padahal tidak meminjam? Bisa dipastikan Ilegal. Hati-hati dengan modus penipuan pinjol ilegal," tulis OJK memperingati, dikutip dari laman Instagram terverifikasi @ojkindonesia, Rabu, 15 September 2021.

     



    Terkait hal tersebut, OJK meminta masyarakat untuk senantiasa mengecek legalitas pinjaman online yang menghubungi. Adapun daftar pinjaman online yang terdaftar dan berizin bisa dilihat di bit.ly/daftarfintechlendingOJK atau hubungi Kontak OJK 157.

    Kemudian, blokir dan abaikan kontak penagih. Jika penagih mengancam atau mengintimidasi, segera laporkan ke kepolisian terdekat.

    "Selalu jaga keamanan data pribadi. Jangan pernah mengklik link dikirimkan melalui SMS, WA, email, atau sarana komunikasi lainnya dari sumber yang tidak jelas," tegas OJK.

    Di sisi lain, jika ada tawaran pinjaman online melalui SMS atau WA, OJK memastikan bahwa penawaran tersebut adalah ilegal. Jika mendapati hal tersebut, segera hapus, blokir, dan jangan hiraukan.

    "Ingat, fintech lending legal yang terdaftar dan berizin OJK dilarang menyampaikan penawaran melalui saluran komunikasi pribadi," pungkas OJK.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id