comscore

Pertemuan COP26, Bos OJK Tegaskan Komitmen Dukungan Keuangan Berkelanjutan

Husen Miftahudin - 02 November 2021 18:52 WIB
Pertemuan COP26, Bos OJK Tegaskan Komitmen Dukungan Keuangan Berkelanjutan
Ketua DK OJK Wimboh Santoso - - Foto: dok OJK
Glasgow: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan komitmen jangka panjang jasa keuangan  dalam melaksanakan kebijakan keuangan berkelanjutan (sustainable finance). Upaya tersebut dilakukan demi mengakselerasi program ekonomi hijau dan pembangunan berkelanjutan.

"OJK memegang komitmen jangka panjang terhadap sustainable finance untuk memastikan kelancaran transisi menuju ekonomi rendah karbon. OJK terus mendukung komitmen Pemerintah Indonesia terhadap Perjanjian Paris serta langkah negara untuk mencapai tujuan Net Zero Emission," kata Ketua DK OJK Wimboh Santoso dalam Pertemuan COP26 di Glasgow, Skotlandia, Selasa, 2 November 2021.
Wimboh menekankan, OJK telah memantau risiko terkait perubahan iklim serta krisis energi yang menambah tekanan pada ekonomi global. Tingginya biaya transisi ke ekonomi rendah karbon membawa tantangan tersendiri dalam mempercepat implementasi pembiayaan berkelanjutan di negara berkembang.

"Risiko perubahan iklim tersebut harus diperlakukan sebagai prioritas tinggi dan perlu dikurangi dengan upaya kolaboratif seluruh pemangku kepentingan," tegasnya.

Karena itu, OJK menerbitkan Roadmap Keuangan Berkelanjutan pada 2015-2019 dan dilanjutkan pada tahap kedua pada 2020 hingga 2024. Adapun sasaran strategis peta jalan ini meliputi terciptanya ekosistem yang mendukung percepatan keuangan berkelanjutan, peningkatan pasokan dan permintaan dana serta instrumen keuangan yang ramah lingkungan.

"Termasuk memperkuat pengawasan dan koordinasi dalam penerapan keuangan berkelanjutan di Indonesia," pungkas Wimboh.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id