OJK: Investasi dan Pinjaman Online Harus Legal dan Logis

    Husen Miftahudin - 18 April 2021 13:55 WIB
    OJK: Investasi dan Pinjaman <i>Online</i> Harus Legal dan Logis
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan prinsip legal dan logis dalam berinvestasi atau melakukan pinjaman online. Legal artinya perusahaan memiliki izin resmi dari lembaga yang berwenang dan menawarkan sesuai dengan izin yang telah diberikan. Selain itu, keuntungan yang ditawarkan logis atau masuk akal.

    "Perlu kita catat baik-baik bahwa investasi maupun pinjaman uang secara daring harus memenuhi prinsip legal dan logis. Legal artinya punya izin resmi, sedangkan logis adalah masuk akal atas keuntungan yang ditawarkan," ungkap Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Tirta Segara dikutip dari instagram terverifikasi @ojkindonesia, Minggu, 18 April 2021.






    Terkait hal tersebut, OJK membeberkan ciri-ciri investasi ilegal. Di antaranya janji aset aman, jaminan pembelian kembali (buyback guarantee), dan penarikan dana yang mudah serta fleksibel. Kemudian, menjanjikan keuntungan tidak wajar dalam waktu cepat.

    Selanjutnya, memanfaatkan tokoh masyarakat untuk menarik minat berinvestasi, menjanjikan bonus perekrutan anggota baru (member get member), legalitas yang tidak jelas, serta klaim tanpa risiko.

    OJK mengakui bahwa kasus investasi ilegal termasuk gadai ilegal di masa pandemi marak terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Selama 2020 hingga Februari 2021, Satgas Waspada Investasi telah menutup 391 penawaran investasi ilegal, 1.210 fintech ilegal, dan 92 gadai ilegal.

    "Selalu cek penawaran produk dan layanan jasa keuangan yang kamu terima ke Kontak OJK 157 @kontak157 melalui telepon 157 atau Whatsapp 081 157 157 157, kontak157.ojk.go.id, dan [email protected]," tutup OJK.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id