KKI 2020 Raup Omzet Penjualan Rp10,5 Miliar

    Husen Miftahudin - 20 November 2020 12:33 WIB
    KKI 2020 Raup Omzet Penjualan Rp10,5 Miliar
    Ilustrasu Pameran Karya Kreatif Indonesia - - Foto: MI/ Moh Irfan
    Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengaku bangga dengan keberhasilan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 untuk Seri I dan Seri II yang digelar secara virtual. Pameran yang menampilkan produk-produk unggulan dari para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Bank Indonesia ini berhasil meraup omzet penjualan sebanyak Rp10,5 miliar.

    "Rangkaian KKI Seri I dan Seri II telah dilaksanakan dengan pencapaian yang sungguh membanggakan, baik dari sisi peserta, pengunjung, omzet, dan relasi bisnis. Nilai transaksi dan kesuksesan KKI ini merupakan dampak nyata dan menjadi daya pendorong UMKM untuk terus berkreasi dan maju di tengah pandemi," ucap Perry saat memberi kata sambutan pada pembukaan KKI Seri III secara virtual di Jakarta, Jumat, 20 November 2020.

    Selain omzet penjualan, KKI Seri I dan Seri II ini juga berhasil menarik 53 ribu pengunjung. Peserta UMKM yang mengikuti pameran ini sebanyak 379 pelaku usaha, 127 di antaranya merupakan UMKM yang menjajakan kain, 75 UMKM kerajinan, serta 177 UMKM makanan dan minuman.

    "Ada juga business matching Rp113,2 miliar, komitmen pembiayaan Rp4,7 miliar, dan yang membanggakan juga terdapat 16 buyer dari enam negara ikut memberikan business matching dan business deal, baik dari Singapura, Italia, Australia, Korea, Jepang, dan Tiongkok," paparnya.

    KKI merupakan rangkaian event tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM Binaan BI, dengan bersinergi bersama kementerian/lembaga dalam pengembangan UMKM. KKI Seri I dilaksanakan pada 28-30 Agustus 2020 dengan mengangkat tema Sinergi untuk UMKM Ekspor.

    KKI Seri II dilaksanakan pada 7-9 Oktober 2020 dengan tema Sinergi untuk UMKM Digital, sekaligus peluncuran gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Sementara KKI Seri III diselenggarakan pada 20-22 November 2020 dengan mengangkat tema UMKM untuk Sahabat Milenial.

    "Tema KKI Seri III ini merupakan harapan sekaligus optimisme terhadap kiprah millenials preneur untuk turut meningkatkan kesejahteraan bangsa dan perekonomian di masa depan. Kiprah milenial dapat kita lihat dari sekarang pada berbagai bidang untuk menjadi titik balik UMKM bangkit sebagai kekuatan ekonomi baru," jelasnya.

    Perry mengungkapkan bahwa tema KKI Seri III diambil lantaran milenial sebagai generasi penerus bangsa akan menjadi motor penggerak 'New UMKM' di masa kini maupun masa depan. Milenial yang cinta produk dalam negeri akan menjadi potensi pasar yang sangat besar bagi UMKM di Indonesia.

    "Di lain pihak, milenial yang memiliki jiwa tangguh dan budaya kewirausahaan yang tinggi juga akan menjadi sumber penciptaan entrepreneur baru yang unggul yang menjadi titik awal, menjadi millenials preneur go global," harap dia.

    Rangkaian kegiatan KKI 2020 diselenggarakan secara serentak di 25 kantor perwakilan Bank Indonesia, di antaranya Bali, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jambi, Jawa Timur, dan Solo. Hal ini dilaksanakan untuk mendorong kegiatan di sektor riil sekaligus menumbuhkan optimisme bagi UMKM di berbagai daerah.

    "Oleh karena itu saya harapkan pagelaran KKI Seri III ini mencatat angka penjualan terbesar dan sekaligus membawa kesuksesan bagi UMKM Binaan BI. Tentu saja kesuksesan KKI tahun ini tidak akan terjadi tanpa adanya dukungan yang sangat kuat dari berbagai pihak," pungkas Perry.  

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id