Alasan Mengapa Asuransi Harus Rutin Dievaluasi

    Gervin Nathaniel Purba - 10 September 2020 18:17 WIB
    Alasan Mengapa Asuransi Harus Rutin Dievaluasi
    Ilustrasi. (Foto: The Cheaper Insurance)
    Jakarta: Memiliki asuransi menjadi sebuah kebutuhan di tengah situasi yang tidak pasti akibat pandemi covid-19. Tak hanya sekadar menjadi pemegang polis, nasabah diimbau agar rutin mengevaluasi manfaat dari asuransi yang dimiliki.

    Head of Operation and Customer Service Manulife Indonesia Prasodjo Agung menjelaskan mengapa mengevaluasi asuransi penting dilakukan. Kondisi finansial dan kebutuhan proteksi bersifat sangat dinamis, sehingga perlu ada penyesuaian dengan anggaran asuransi yang dimiliki.

    "Kebutuhan proteksi meningkat seiring menanjaknya penghasilan kita, sehingga kita butuh proteksi diri sendiri dan keluarga," ujar Prasodjo pada program Cerdas 5 Menit Metro TV, Kamis, 10 September 2020.

    Evaluasi asuransi biasanya dilakukan ketika ada perubahan kondisi keuangan. Jika mengalami peningkatan gaji, maka anggaran asuransi juga bertambah.

    "Perubahan anggaran asuransi juga bertambah jika ada perubahan jumlah anggota keluarga. Misalnya, ada kelahiran, kematian, dan pernikahan," ujarnya.

    Idealnya, evaluasi dilakukan setiap dua hingga tiga tahun sekali. Selain kondisi finansial keluarga, hal yang patut dipertimbangkan ialah penambahan jenis produk asuransi. Misalnya, asuransi untuk jaminan hari tua.

    Guna memudahkan proses evaluasi, agen asuransi siap membantu menyesuaikan dengan anggaran asuransi. Dalam hal ini agen asuransi dari Manulife Indonesia siap membantu bila ada perubahan manfaat.

    "Untuk beberapa perusahaan asuransi, berbagai perubahan mensyaratkan agar nasabah mengisi formulir. Customer service atau agen perusahaan asuransi dapat membantu menuntun kita melakukan perubahan cakupan cover risiko asuransi," ucapnya. 


     

    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id