Kombinasi Portofolio Investasi Penting di Masa Pandemi

    Annisa ayu artanti - 03 Juli 2020 19:33 WIB
    Kombinasi Portofolio Investasi Penting di Masa Pandemi
    ilustrasi - - Foto : Medcom
    Jakarta: Direktur Utama PT Danareksa Sekuritas Friderica Widyasari Dewi menilai kombinasi portofolio investasi sangat diperlukan di masa pandemi covid-19. Semua aset harus ditempatkan di banyak instrumen.

    "Kalau saya melihat investor bisa mencermati situasi dengan cara melakukan kombinasi baik itu saham dan obligasi," kata Friderica dalam diskusi virtual, Jumat, 3 Juli 2020.

    Rekomendasi tersebut seiring imbal hasil instrumen investasi saham dan obligasi di Indonesia yang masih menjanjikan. Khususnya untuk orientasi portofolio jangka panjang.

    "Karena kalau lihat bagaimana potensi return jangka panjang dari saham dan obligasi itu masih sangat menarik sebetulnya," tutur dia.


    Menurutnya tidak ada yang mengetahui kapan berakhirnya pandemi tersebut. Karena itu, investor harus memanfaatkan peluang dengan mencermati kondisi saat ini.

    Sebagai mantan regulator bursa, Friderica meyakini Indonesia sebagai tempat investasi yang tepat, khususnya untuk investasi jangka panjang. Dalam sepuluh tahun terakhir saja imbal hasil dari pasar modal Indonesia relatif lebih tinggi dibandingkan negara-negara yang berada dalam satu kawasan.

    "Kalau kita lihat market itu potensi ke depan (ada). Suplai dan demand market di Indonesia itu masih sangat jauh besar room to grow masih sangat besar," imbuh dia.

    Selain itu, investor juga bisa memilih produk reksa dana yang dikeluarkan oleh entitas sebagai tempat berinvestasi. Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) transaksi pembelian atau subscription penjualan produk reksa dana tak kalah banyak.

    "Orang bisa mlih masuk reksa dana pasar uang, masuk ke pasar saham, Tapi lihat sektor yang bisa jadi referensi," tukasnya.  

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id