Emas Antam Sempat Sentuh Rp914 Ribu/Gram

    Angga Bratadharma - 27 Juni 2020 11:01 WIB
    Emas Antam Sempat Sentuh Rp914 Ribu/Gram
    Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO
    Jakarta: Harga emas milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di sepanjang pekan ini diperdagangkan bervariasi, di tengah kembali meningkatnya kasus covid-19 di dunia termasuk di Indonesia. Emas Antam menikmati keuntungan ketika investor melirik aset dengan risiko rendah akibat pandemi virus korona.

    Mengutip Logam Mulia Antam, Sabtu, 27 Juni 2020, harga emas Antam di awal pekan atau tepatnya pada Senin, 22 Juni, berada di level Rp905 ribu per gram. Kemudian pada Selasa, 23 Juni, emas Antam terlihat menguat tipis ke posisi Rp906 ribu per gram. Lalu pada Rabu, 24 Juni, emas Antam mampu melejit ke level Rp914 ribu per gram.

    Namun sayangnya, pada Kamis, 25 Juni, emas Antam tidak mampu mempertahankan pesonanya lantaran harus jatuh ke level Rp905 ribu per gram. Sedangkan di akhir pekan atau tepatnya pada Jumat, 26 Juni, emas Antam berhasil kembali memancarkan kemilaunya dengan naik ke posisi Rp908 ribu per gram.

    Sementara itu, emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange naik pada perdagangan Jumat waktu setempat (Sabtu WIB), ketika kasus covid-19 AS melonjak. Di sisi lain, indeks pasar saham di seluruh dunia diperdagangkan lebih rendah yang turut memberikan dukungan terhadap emas.

    Mengutip Xinhua, Sabtu, 27 Juni 2020, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Agustus naik USD9,7 atau 0,55 persen menjadi USD1.780,3 per ons. Ketidakpastian ekonomi kembali terjadi usai kasus covid-19 kembali naik, di tengah pelonggaran pembatasan akibat virus mematikan itu

    Amerika Serikat pada hari kedua berturut-turut memecahkan rekornya terkait kasus baru covid-19, dengan lebih dari 40 ribu kasus baru dilaporkan pada Jumat. Investor yang peduli terhadap persoalan ini terdorong untuk melirik ke emas sebagai tempat yang aman.

    Angka-angka ekonomi yang dirilis relatif positif, membatasi kenaikan emas. Sebuah laporan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS menunjukkan pengeluaran konsumen meningkat sebesar 8,2 persen pada Mei, dan menempatkan pendapatan pribadi pada tingkat negatif 4,2 persen pada Mei, lebih baik dari yang diharapkan.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id