Kurs Rupiah Melaju Kencang, Nyaris di Bawah Rp13.900/USD

    Ade Hapsari Lestarini - 15 Februari 2021 17:12 WIB
    Kurs Rupiah Melaju Kencang, Nyaris di Bawah Rp13.900/USD
    Foto: dok MI.


    Jakarta: Kurs rupiah pada penutupan perdagangan sore ini makin unjuk gigi. Rupiah berjalan beriringan dengan gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menguat sore ini.

    Mengutip Bloomberg, Senin, 15 Februari 2021, rupiah menguat hingga 62,5 poin atau setara 0,45 persen menjadi Rp13.910 per USD dibandingkan penutupan perdagangan kemarin di level Rp13.972 per USD.


    Kondisi nilai tukar rupiah sudah terpantau menguat sejak pembukaan perdagangan yang bergerak stabil. Adapun rentang gerak rupiah berada di kisaran Rp13.902-Rp13.972 per USD. Sementara year to date (ytd) return terpantau sebesar -1,00 persen.

    Sedangkan mengutip data Yahoo Finance, rupiah diperdagangkan di posisi Rp13.912 per USD atau menguat hingga 94,78 poin. Selain itu berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor), rupiah diperdagangkan di posisi Rp13.946 per USD.

    Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra sebelumnya memprediksi kurs rupiah masih berpotensi menguat hari ini dengan sentimen positif dari ekspektasi perilisan stimulus besar dari pemerintah AS dan menurunnya laju pertumbuhan kasus harian covid-19 di dunia, termasuk Indonesia.

    Menurut Ariston, kedua sentimen di atas telah mendorong peningkatan minat pasar terhadap aset berisiko pada pagi hari ini, indeks saham Asia bergerak positif.

    Di sisi lain, lanjutnya, pasar akan mewaspadai kenaikan tingkat imbal hasil (yield) obligasi pemerintah AS tenor jangka panjang seperti tenor 10 tahun yang mecetak level tinggi baru tahun ini di 1,21 persen pada Jumat, 12 Februari 2021 kemarin.

    "Kenaikan yield ini bisa mendorong penguatan dolar AS," ujar Ariston, dikutip dari Antara.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id