BI Ingin Pembayaran Wakaf Bisa Lewat QRIS

    Eko Nordiansyah - 07 Mei 2021 13:48 WIB
    BI Ingin Pembayaran Wakaf Bisa Lewat QRIS
    Ilustrasi pembayaram wakaf lewat QR Code - - Foto: dok MI



    Jakarta: Bank Indonesia (BI) mendorong transformasi digital dan penguatan ekosistem perwakafan nasional. Apalagi wakaf produktif bisa menjadi pilar utama untuk kebangkitan pembangunan ekonomi Islam.

    Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan pihaknya akan menghubungkan wakaf dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Dengan adanya layanan digital seperti QRIS, pembayaran wakaf akan lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

     



    "BI dukung digitalisasi dengan berbagai instrumen digitalisasi. QRIS itulah salah satu digitalisasi pembayaran yang memudahkan berwakaf dalam jumlah berapapun melalui QRIS," katanya dalam webinar di Jakarta, Jumat, 7 Mei 2021.


    Selain itu, BI mendorong agar dana wakaf yang terkumpul tidak hanya digunakan untuk tanah makam dan musala saja, melainkan bisa dibangun berbagai aset produktif. Dengan begitu, Perry menilai ada kandungan akhirat dan permaslahatan dunia.

    "Kita mampu desain proyek tentu saja didalamnya ada sarana ibadah, pendidikan madrasah, dan universitas. Tapi dalam komplek itu ada juga proyek komersial. Sehingga proyek wakaf ini menjadikan saling membiayai," ungkap dia.

    Ia menambahkan transformasi wakaf juga bisa dilakukan dengan membuat instrumen pembiayaan yang mampu menghubungkan wakaf. Saat ini pemerintah telah Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) yang diharapkan bisa mengintegrasikan pemanfaatan dana wakaf.

    "Kas wakaf sukuk, dijadikan suatu produk yang menjadi suatu keterkaitan. Di dalam struktur keuangan yang lain keuangan komersial bisa dikembangkan tapi dikaitkan dengan wakaf selain zakat infaq sedekah. Integrasi ini adalah kunci mentransformasi wakaf," pungkasnya.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id