Keuangan Syariah Punya Potensi Hadapi Krisis Ekonomi

    Ilham wibowo - 05 Oktober 2020 12:19 WIB
    Keuangan Syariah Punya Potensi Hadapi Krisis Ekonomi
    Ilustrasi potensi keuangan syariah. Foto : MI.
    Jakarta: Ekonomi dan keuangan syariah telah membuktikan diri sebagai sistem ekonomi yang mampu bertahan dalam keadaan krisis akibat pandemi covid-19. Potensi ini diyakini bisa diandalkan dalam pemulihan perekonomian nasional.

    Direktur Utama BRl Syariah Ngatari mengatakan bahwa ekonomi syariah telah menjelma menjadi primadona baru meskipun masih banyak yang belum mengetahui dan minim Iiterasi mengenai sistem ekonomi dan keuangan syariah. Termasuk pemahaman mengenai pembiayaan syariah maupun instrumen investasi syariah.

    "Masih banyak ruang yang harus bersama diisi meningkatkan pemahaman masyarakat memahami ekonomi dan keuangan syariah, padahal Indonesia negara muslim terbesar di dunia," kata Ngatari dalam sebuah webinar, Senin, 5 Oktober 2020.

    Ia menegaskan bahwa tantangan krisis telah dibuktikan ekonomi dan keuangan syariah dengan kinerja bank-bank syariah nasional yang mencatat hasil positif. BRI Syariah pun sampai Agustus 2020 telah membukukan laba bersih mencapai Rp168 miliar.

    Perolehan BRI Syariah selama periode pandemi covid-19 tersebut meningkat sebesar 158,46 persen secara year on year. Pembentukan laba BRI Syariah ditopang oleh pendapatan penyaluran dana mencapai Rp1,94 triliun atau tumbuh 19,75 persen year on year.

    "Ini membuktikan bahwa ekonomi dan keuangan syariah mampu bertahan di masa pandemi dengan baik sehingga berpotensi besar menjadi salah satu solusi memulihkan perekonomian nasional," ujarnya.

    Lebih lanjut, Ngatari menambahkan bahwa fokus peningkatan pemahaman masyarakat mengenai ekonomi dan keuangan syariah perlu terus dimaksimalkan. Pemahaman masyarakat yang meningkat akan sejalan dengan bertumbuhnya ekosistem keuangan syariah di Tanah Air.

    "Semakin tinggi tingkat pemahaman masyarakat maka semakin besar ekosistem, industri, hingga investasi berbasis syariah yang terbentuk, sehingga ekonomi dan keuangan kita bisa semakin maju, bahkan harapannya menjadi pusat ekonomi syariah di dunia," tuturnya.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id