Meski Sementara, IHSG Diprediksi Lanjutkan Penguatan

    Annisa ayu artanti - 09 April 2021 09:23 WIB
    Meski Sementara, IHSG Diprediksi Lanjutkan Penguatan
    Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI



    Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi kembali melanjutkan penguatan meski bersifat sementara pada perdagangan hari ini. Secara teknikal indikator stochastic bergerak melebar setelah membentuk golden cross di area oversold yang mengindikasikan potensi penguatan.

    Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan hari ini IHSG akan diperdagangkan di level support 6.015-6.043 dan resistance 6.860-6.101. "IHSG diprediksi menguat," kata Dennies dalam riset harian, Jumat, 9 April 2021.






    Dennies menambahkan penguatan dipicu oleh penguatan bursa global di antaranya bursa Amerika Serikat yang ditutup menguat pada perdagangan Kamis lalu. Penguatan bursa saham di negeri Paman Sam tersebut disebabkan oleh stabilnya imbal hasil obligasi Pemerintah AS bertenor 10 tahun yang telah mereda dan berada di level 1,6 persen.

    Sedangkan untuk bursa Asia pada hari ini juga dibuka menguat mengikuti pergerakan saham di Wall Street. "Investor di Asia akan fokus pada data ekonomi Tiongkok yaitu Consumer Price Index yang akan diterbitkan siang nanti," ucapnya.

    Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan Kamis waktu setempat (Jumat WIB), didukung oleh kenaikan kuat pada saham-saham teknologi. Meski demikian, para investor terus mencermati sejumlah rilis data perekonomian AS di tengah upaya pemerintah melakukan pemulihan ekonomi.

    Indeks Dow Jones Industrial Average menguat sebanyak 57,31 poin atau 0,17 persen menjadi 33.503,57. Indeks S&P 500 meningkat 17,22 poin atau 0,42 persen menjadi 4.097,17. Indeks Komposit Nasdaq bertambah 140,47 poin atau 1,03 persen menjadi 13.829,31.

    Sebanyak enam dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di area hijau, dengan sektor teknologi melonjak sebanyak 1,42 persen, memimpin kenaikan. Sedangkan sektor energi tergelincir sebanyak 1,36 persen, kelompok dengan kinerja terburuk.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id