59 Perusahaan Realisasikan Buyback Saham dengan Total Rp4,05 Triliun

    Annisa ayu artanti - 01 Oktober 2020 10:49 WIB
    59 Perusahaan Realisasikan <i>Buyback</i> Saham dengan Total Rp4,05 Triliun
    IHSG. Foto : MI.
    Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatatkan realisasi pembelian saham kembali (buyback) oleh perusahaan tercatat tanpa melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) mencapai Rp4,05 triliun hingga akhir September 2020.

    Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna menyebutkan sejak diterbitkannya Surat Edaran OJK Nomor 3/SEOJK.04/2020 tanggal 9 Maret 2020 sampai dengan 29 September 2020, sudah ada 59 perusahaan yang melakukan buyback saham.

    "Perusahaan Tercatat yang telah menyelesaikan dan merealisasikan rencana buyback-nya dengan total nilai pelaksanaan buyback sebesar Rp4,05 triliun," kata Nyoman di Jakarta, Kamis, 1 Oktober 2020.

    Selain itu, Nyoman juga menyebutkan bursa masih mencatat 12 perusahaan tercatat yang masih dalam periode buyback dengan target realisasi sebesar Rp2,5 triliun dan perusahaan tercatat tersebut telah merealisasikan pelaksanaan buyback sebesar Rp382 miliar.

    Adapun pada Maret lalu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tumbang dipicu oleh berita kasus covid-19 pertama kali di Indonesia. Pada saat itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengizinkan semua emiten melakukan buyback saham tanpa memperoleh persetujuan RUPS.

    Kebijakan yang tertuang dalam Surat Edaran OJK Nomor 3/SEOJK.04/2020 merupakan upaya memberikan stimulus perekonomian dan mengurangi dampak pasar yang berfluktuasi secara signifikan.

    Selain diizinkan buyback tanpa mendapat restu pemegang saham, dalam surat OJK itu juga mengatur buyback dalam kondisi pasar saham yang berfluktuasi, yaitu jumlah saham yang dibeli kembali dapat lebih dari 10 persen dari modal disetor dan paling banyak 20 persen dari modal disetor. Adapun, ketentuan paling sedikit saham beredar yakni 7,5 persen dari modal disetor

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id