Sumut Miliki Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Terbanyak

    Antara - 14 Februari 2021 09:57 WIB
    Sumut Miliki Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Terbanyak
    OJK. Foto : Mi/Ramdani.



    Medan: Sumatra Utara (Sumut) tercatat terbanyak di dalam negeri yang memiliki Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) yakni sebanyak 34 tim.

    "Seluruh atau 33 kabupaten/kota di Sumut sudah memiliki TPAKD dan ditambah satu Pemprov Sumut sehingga totalnya ada 34," ujar Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 Sumatra bagian utara (Sumbagut), Yusup Ansori dikutip dari Antara, Minggu, 14 Februari 2021.






    Dengan adanya TPAKD diharapkan perekonomian di provinsi itu lebih cepat membaik.  Dia menjelaskan Sumut termasuk tercepat dan terbanyak memiliki TPAKD secara nasional.

    Menurut dia, pada 2020 program kerja TPAKD diarahkan pada program Business Matching Akses Keuangan UMKM dan Gerakan Indonesia Menabung (GIM).

    Program Business Matching Akses Keuangan UMKM dalam pelaksanaannya memprioritaskan kegiatan fasilitasi akses Kredit Usaha Rakyat (KUR), mulai melalui pendataan UMKM potensial dalam Sistem Informasi Kredit Program (SIKP), temu fasilitasi dan sosialisasi skim KUR, serta proyek percontohan KUR Klaster.

    Proyek percontohan KUR Klaster sudah dijalankan di Kabupaten Dairi untuk komoditas kopi dan jagung di Kabupaten Tapanuli Utara.

    "Sejalan dengan upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi covid-19, pelaksanaan program perluasan akses keuangan terutama kredit UMKM tersebut terus diakselerasi pencapaiannya," ujar Yusup Ansori.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id