Industri Asuransi Diramal Pulih Lebih Cepat saat Pandemi

    Angga Bratadharma - 12 September 2020 13:03 WIB
    Industri Asuransi Diramal Pulih Lebih Cepat saat Pandemi
    Ilustrasi. FOTO: The Cheaper Insurance
    Jakarta: Industri asuransi di Indonesia berkembang pesat selama lima tahun terakhir, meski harus diakui sempat mendapatkan hantaman keras di triwulan II-2020 akibat pandemi covid-19. Kendati demikian, ada sinyal positif bahwa industri asuransi bakal pulih mengingat kesadaran proteksi mulai meningkat saat pandemi.

    Mengutip riset Lifepal.co.id, Sabtu, 12 September 2020, yang membandingkan laporan statistik asuransi OJK menunjukkan bahwa pemulihan pendapatan premi bruto asuransi jiwa pada Juni 2020 telah melebihi nilai pendapatan di Juni 2019. Pemulihan penjualan terlihat setelah tertekan pada beberapa bulan sebelumnya karena tekanan pandemi.

    Bahkan, walau telah mengalami penurunan cukup drastis di awal 2020, pendapatan premi asuransi jiwa di Juni 2020 menjadi yang tertinggi ketimbang Januari hingga Juni baik pada 2019 maupun 2020. Adapun kinerja di Juni 2020 mengalami pertumbuhan sebesar 23,7 persen dibandingkan dengan pendapatan di Juni 2019.

    Laporan ini disambut positif oleh Director & Chief of Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo. Pihaknya meyakini, dengan produk yang tepat, perusahaan asuransi tetap dapat menjangkau masyarakat dalam kondisi apapun, termasuk masa pandemi seperti saat ini.

    "Peningkatan pertumbuhan premi asuransi merupakan kabar yang sangat menggembirakan, terutama di tengah-tengah tekanan kondisi ekonomi yang memburuk akibat pandemi covid-19. Kami sangat percaya bahwa produk asuransi adalah produk yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia dalam kondisi apapun," ujar Bianto.

    Upaya digitalisasi layanan yang dilakukan perusahaan-perusahaan asuransi tampaknya berkontribusi terhadap pertumbuhan penjualan ini. Karena, mereka dapat memberikan layanan tanpa tatap muka di tengah berbagai kebijakan pembatasan sosial yang diberlakukan pemerintah.

    "Didukung para agen dan distributor bank kami, Allianz juga telah berhasil menyumbangkan pertumbuhan positif yang signifikan bagi Industri asuransi," ucapnya.

    Presiden Direktur Mandiri AXA General Insurance (MAGI) Enny mengakui bahwa pandemi ini jadi tantangan bagi perusahaan yang bergerak di bidang industri asuransi umum, termasuk perusahaan yang ia pimpin. Ia tidak menampik pertumbuhan asuransi umum di tengah covid-19 menjadi tantangan tersendiri.

    "Termasuk juga kepada PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI). Namun demikian, dengan dukungan kedua pemegang saham kami yaitu AXA dan Bank Mandiri, kami tetap optimistis bahwa MAGI akan bisa mencapai angka pertumbuhan positif hingga akhir 2020," pungkas Enny.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id