Jakarta Rem Mendadak, Restrukturisasi Kredit Perlu Diperpanjang

    Husen Miftahudin - 10 September 2020 20:48 WIB
    Jakarta Rem Mendadak, Restrukturisasi Kredit Perlu Diperpanjang
    Ilustrasi kredit - - Foto: Medcom
    Jakarta: Ekonom Bank Permata Josua Pardede meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meninjau kembali restrukturisasi kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan korporasi di tengah pemberlakuan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI Jakarta. Kebijakan keringanan terhadap pinjaman di perbankan dan perusahaan pembiayaan perlu diperpanjang.

    "Dengan kondisi ini perlu ditinjau kembali upaya restrukturisasi kredit UMKM serta korporasi lanjutan mengingat POJK terkait restrukturisasi kredit tersebut akan berakhir pada Maret 2021," ujar Josua kepada Medcom.id di Jakarta, Kamis, 10 September 2020.

    Kebijakan restrukturisasi kredit di industri perbankan tertuang dalam Peraturan OJK (POJK) Nomor 11/POJK.03/2020. Sementara POJK Nomor 14 /POJK.05/2020 menjadi dasar pelaksanaan restrukturisasi kredit di perusahaan pembiayaan.

    Dalam dua ketentuan ini, perbankan dan perusahaan leasing dapat menerapkan kebijakan stimulus untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berlaku sejak 13 Maret 2020 sampai dengan 31 Maret 2021.

    Selain itu, lanjut Josua, pemerintah perlu mempercepat penyerapan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam rangka membatasi dampak potensi penurunan aktivitas ekonomi, khususnya setelah pemberlakuan kembali PSBB di DKI Jakarta.

    Di sisi lain, pemerintah juga harus fokus dan mengoptimalkan perlindungan sosial. Pasalnya, para pekerja informal dan sebagian besar sektor ekonomi akan terpengaruh terhadap kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini.

    Pemerintah daerah juga perlu menyiapkan alokasi anggaran untuk perlindungan sosial berupa bantuan sosial (bansos) di samping gelontoran perlindungan sosial lainnya yang disalurkan oleh pemerintah pusat.


    "Dengan begitu, maka diharapkan dapat mempertahankan konsumsi rumah tangga yang sudah mulai membaik sejak pelonggaran PSBB pada Juni yang lalu," tutup Josua.


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id