Ruang Penurunan Suku Bunga BI Masih Terbuka

    Husen Miftahudin - 22 Juni 2020 19:48 WIB
    Ruang Penurunan Suku Bunga BI Masih Terbuka
    Bank Indonesia. Foto: MI/Rommy Pujianto
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) 17-18 Juni 2020 akhirnya menurunkan suku bunga acuan BI 7-Days Repo Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 4,25 persen. Padahal bank sentral sudah tiga kali menahan suku bunga acuan di level 4,50 persen sejak periode Maret 2020.

    Ke depan, Gubernur BI Perry Warjiyo mengaku ruang penurunan suku bunga acuan terbuka lebar. Sejumlah indikator mendukung bank sentral untuk kembali melakukan pelonggaran kebijakan moneternya dengan menurunkan suku bunga BI.

    "Bank Indonesia tetap melihat ruang penurunan suku bunga seiring rendahnya tekanan inflasi, terjaganya stabilitas eksternal, dan perlunya mendorong pertumbuhan ekonomi," ujar Perry dalam rapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Senin, 22 Juni 2020.

    Selain itu, jelas Perry, bank sentral juga perlu mengeluarkan kebijakan moneter lanjutan untuk mendukung stabilisasi nilai tukar rupiah. Di sepanjang tahun ini Bank Indonesia optimistis mata uang Garuda bakal menguat pada kisaran Rp14 ribu hingga Rp14.600 per USD.

    BI juga akan terus melakukan kebijakan pelonggaran likuiditas (quantitative easing) untuk memastikan likuditas perbankan lebih dari cukup sehingga dapat membiayai ekonomi.

    Di sisi lain bank sentral saat ini juga bisa membeli Surat Berharga Negara (SBN) di pasar perdana untuk membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hingga percepatan penyaluran bantuan sosial (bansos) melalui elektronifikasi dan digitalisasi sistem pembayaran.

    "Komitemen kami bersama pemerintah pecepatan dan mendukung pemulihan ekonomi. BI juga berkomitmen menyediakan dana likuditas perbankan untuk kelancaran relaksasi kredit," pungkas Perry.
     



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id