Pesona Emas Antam Kokoh Sepanjang Pekan

    Angga Bratadharma - 16 Mei 2020 11:30 WIB
    Pesona Emas Antam Kokoh Sepanjang Pekan
    Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO
    Jakarta: Harga emas milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di sepanjang pekan ini terlihat berada di tren menguat, di tengah kasus positif covid-19 yang kembali meningkat signifikan. Investor mulai melirik lagi logam mulia lantaran ketidakpastian melonjak yang akhirnya memicu investor meninggalkan aset berisiko tinggi.

    Mengutip Logam Mulia Antam, Sabtu, 16 Mei 2020, harga emas Antam di awal pekan ini atau tepatnya Senin, 11 Mei, berada di level Rp918 ribu per gram. Sedangkan pada Selasa, 12 Mei, harga emas Antam terlihat tertekan dan berada di posisi Rp910 ribu per gram. Kemudian pada Rabu, 13 Mei, harga emas Antam sukses menanjak dan dibanderol Rp915 ribu per gram.

    Sementara itu, pada Kamis, 14 Mei, harga emas Antam berhasil kembali naik dan berada di harga Rp917 ribu per gram. Lalu pada Jumat, 15 Mei, harga emas Antam sukses melejit lagi dan menutup akhir pekan di level Rp924 ribu per gram. Logam mulia seperti emas Antam menjadi primadona di mata investor di tengah ketidakpastian akibat covid-19 di Indonesia.

    Di sisi lain, emas dunia melonjak lagi pada akhir perdagangan Jumat waktu setempat (Sabtu WIB), memperpanjang keuntungan untuk hari keempat berturut-turut. Penguatan karena data ekonomi suram AS dan ketegangan perdagangan AS-Tiongkok yang baru menambah kekhawatiran tentang kemerosotan ekonomi akibat pandemi virus korona.

    Sabtu, 16 Mei 2020, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Juni di divisi Comex New York Mercantile Exchange terangkat USD15,4 atau 0,88 persen menjadi USD1.756,3 per ons. Emas berjangka melonjak USD24,5 atau 1,43 persen menjadi USD1.740,9 pada Kamis, 14 Mei.

    Sebuah laporan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS menunjukkan penjualan ritel AS merosot 16,4 persen pada April, di tengah penguncian atau lockdown virus korona yang telah menutup bisnis ritel.

    Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Juli naik 91,4 sen atau 5,66 persen menjadi USD17,07 per ons. Sedangkan platinum untuk pengiriman Juli melonjak USD42,1 atau 5,43 persen menjadi USD817,1 per ons.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id