comscore

Hari Ini Bakal Kurang Seru, IHSG Diperkirakan Datar Akibat Minim Sentimen Positif

Annisa ayu artanti - 18 Januari 2022 09:26 WIB
Hari Ini Bakal Kurang Seru, IHSG Diperkirakan Datar Akibat Minim Sentimen Positif
Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI
Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan datar karena minimnya sentimen global dan domestik. Para investor harus tetap bijak dan cermat dalam berinvestasi di pasar saham terutama menjaga agar keuntungan yang diperoleh tidak tergerus ketika indeks terjadi pembalikan arah.

Tim Riset Samuel Sekuritas Indonesia mengatakan hal tersebut, meski ada sentimen positif yakni dari sektor otomotif dan properti seiring keputusan pemerintah untuk memperpanjang diskon tarif PPnBM untuk mobil dengan harga maksimal Rp200 juta (LCGC) serta sektor properti hingga Juni 2022.
"Kami memperkirakan IHSG berpotensi datar hari ini, seiring minimnya sentimen global dan domestik," kata tim riset, dalam riset hariannya, Selasa, 18 Januari 2022.

Selain itu, Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja merilis data neraca dagang Indonesia periode Desember 2021, yang meskipun mencatatkan surplus USD1,02 miliar, angka ini jauh di bawah ekspektasi konsensus yakni USD3,2 miliar. Dari kasus covid-19 dalam negeri juga mengalami peningkatan menjadi 772 kasus covid-19 baru dilaporkan per kemarin.

Sementara itu, dari global, bursa AS tutup pada Senin, 17 Januari 2022 karena hari libur Martin Luther King Day di AS. Sedangkan bursa Eropa menunjukkan penguatan, dengan Stoxx 600 menguat 0,7 persen, salah satunya didorong oleh keputusan otoritas Tiongkok untuk memangkas suku bunga acuannya untuk pertama kali sejak April 2020 lalu.
 
"Keputusan menurunkan suku bunga ini diambil oleh otoritas Tiongkok untuk memacu kembali pertumbuhan ekonominya, terutama setelah melihat data pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada kuartal IV-2021," pungkasnya.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id