Kredit Perbankan Diprediksi hanya Tumbuh 1,5% Tahun Ini

    Annisa ayu artanti - 24 September 2020 14:27 WIB
    Kredit Perbankan Diprediksi hanya Tumbuh 1,5% Tahun Ini
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Dampak covid-19 dipastikan akan memengaruhi pertumbuhan kredit perbankan tahun ini. Chief Economist PT Bank Mandiri Tbk Andry Asmoro menyebut pertumbuhan kredit perbankan di 2020 hanya berada di level 1,5 persen.

    "Proyeksi kami dengan pakai plug in data 2019 yang lalu saja itu pertumbuhan kredit kita itu hanya di 1,5 persen," kata Andry dalam paparan economy outlook secara virtual, Kamis, 24 September 2020.

    Merosotnya pertumbuhan kredit lantaran permintaan berkurang akibat kegiatan ekonomi pun lesu sejak adanya pandemi yang masuk ke Indonesia pada Maret 2020.

    Andry juga menyampaikan pada kondisi ini pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) cenderung lebih pesat yang membuat prediksi Loan to Deposit Ratio bisa mencapai 87 persen.

    "Namun kalau kita lihat yang DPK-nya itu pertumbuhannya bisa di 8,3 persen. Jadi dengan kondisi yang seperti itu mungkin ya kalau kita lihat full year itu LDR-nya mungkin 85-87 persen," ungkapnya.

    Dengan level LDR tersebut, Andry menambahkan, di tahun depan likuiditas tidak menjadi persoalan. "Jadi liquidity is not an issue tahun ini dan tahun depan karena memang ya banyaknya deposit atau DPK," ucapnya.

    Di sisi lain untuk kredit macet (Non Performing Loan/NPL), ia tak menampik NPL akan berada antara 3,5 persen hingga empat persen. Namun, peningkatan ini dapat diredam karena stimulus pemerintah dan OJK.
     

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id