comscore

Produk Reksa Dana Diyakini Bakal Jadi Primadona Berinvestasi

Angga Bratadharma - 27 Agustus 2021 16:52 WIB
Produk Reksa Dana Diyakini Bakal Jadi Primadona Berinvestasi
Direktur Utama Indo Premier Sekuritas Moleonoto The. FOTO: Indo Premier Sekuritas
Jakarta: Pemulihan ekonomi di Tanah Air termasuk dalam ruang lingkup global terus berlangsung. Hal tersebut seiring turunnya kasus covid-19, adanya tren positif perkembangan vaksinasi, dan komitmen Pemerintah Indonesia untuk menekan laju penyebaran covid-19 yang memberi harapan dan optimisme baru bagi para investor.

Selain itu, berbagai inisiatif melalui kebijakan pemerintah, termasuk yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menstimulus pertumbuhan ekonomi, turut mempercepat pemulihan ekonomi domestik. Diharapkan pemulihan bisa terus terjadi dan salah satunya berimbas positif bagi industri pasar modal di Tanah Air.

 



Indonesia pun telah resmi keluar dari resesi. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2021 melejit hingga 7,07 persen secara tahunan atau kembali ke zona positif pertumbuhan ekonomi setelah beberapa triwulan terakhir berada dalam tekanan resesi akibat pandemi covid-19.

"Perkembangan positif juga sangat dirasakan sektor pasar modal. Ada peningkatan signifikan pada market retail baik dalam jumlah investor baru maupun nilai transaksi yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI)," kata Direktur Utama Indo Premier Sekuritas Moleonoto The, dalam Opening Session FestiFund 2021, Jumat, 27 Agustus 2021.

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jelasnya, jumlah investor reksa dana saat ini telah mencapai lebih dari lima juta orang. Jumlah investor reksa dana ini meningkat 63 persen dibandingkan dengan akhir 2020 yang baru mencapai tiga juta orang. Adapun jumlah reksa dana di Indonesia hingga awal Agustus 2021 telah mencapai lebih dari 2.200 produk.

Sedangkan nilai aktiva bersih seluruh reksa dana mencapai Rp550 triliun, dengan total 98 Manajer Investasi (MI) dan 71 APERD. Dengan kata lain, antusiasme masyarakat dalam menata pengelolaan keuangan yang lebih baik dan minat berinvestasi di pasar modal semakin meningkat.

"Melihat berbagai pemulihan dan peningkatan ekonomi di pasar modal Indonesia, kami optimistis kedepannya investasi di pasar modal, khususnya reksa dana, akan semakin berkembang dan menjadi pilihan masyarakat dalam berinvestasi untuk mempersiapkan masa depan finansial yang lebih baik lagi," ucapnya.

Pada aspek ini, Moleonoto mengaku pihaknya siap berkontribusi dan ikut turut serta mendukung pertumbuhan industri pasar modal di Indonesia. "Dengan mengusung optimisme tersebut, sebagai pelaku pasar merasa bertanggung jawab dalam upaya meningkatkan literasi masyarakat Indonesia terkait pasar modal. Kami wujudkan melalui FestiFund 2021," pungkasnya.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id