Wapres Minta Merger Bank BUMN Syariah Berjalan Februari 2021

    Eko Nordiansyah - 24 Oktober 2020 18:05 WIB
    Wapres Minta Merger Bank BUMN Syariah Berjalan  Februari 2021
    Wakil Presiden Ma'ruf Amin - - Foto: dok Setpres
    Jakarta: Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta holdingisasi bank-bank BUMN syariah dapat berjalan pada Februari 2020. Saat ini ketiga bank, yaitu Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, dan BNI Syariah itu telah menandatangani kesepakatan penggabungan.

    "Proses penggabungan telah dimulai dengan penandatanganan Conditional Merger Agreement (CMA). Dengan demikian diharapkan bank syariah baru itu akan beroperasi penuh pada Februari 2021," katanya dalam webinar di Jakarta, Sabtu, 24 Oktober 2020.

    Ia menambahkan dengan bergabungnya ketiga bank syariah tersebut, maka aset yang dimiliki akan semakin besar. Hal ini akan mendorong pengembangan industri keuangan syariah Tanah Air.


    "Bank syariah yang baru akan memiliki aset sekitar Rp225 triliun dengan 1.200 kantor cabang di seluruh pelosok Tanah Air. Diperkirakan pada 2025 asetnya menjadi Rp390 triliun sehingga mampu bersaing secara kompetitif di tingkat global," jelas dia.

    Adapun PT Bank BRIsyariah Tbk (BRIS), PT Bank Syariah Mandiri (BSM), dan PT Bank BNI Syariah (BNIS) sebelumnya telah mempublikasikan Ringkasan Rancangan Penggabungan Usaha (merger). Hal itu mencakup penjelasan mengenai visi, misi, dan strategi bisnis Bank Hasil Penggabungan.
     
    Publikasi tersebut merupakan bagian dari tahapan rencana penggabungan ketiga bank syariah milik BUMN. Sesuai dengan Ringkasan Rencana Merger yang disampaikan, Bank Hasil Penggabungan akan memiliki modal dan aset yang kuat dari segi finansial, sumber daya manusia, sistem teknologi informasi, maupun produk dan layanan keuangan.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id